Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 03 Nov 2020 13:17 WIB

TRAVEL NEWS

Komodo Punya Cara Unik untuk Kawin

CNNIndonesia
detikTravel
Pulau Rinca Taman Nasional Komodo tengah ditutup untuk pembangunan sarana dan prasarana wisata. Begini rumah Komodo sebelum pembangunan dimulai.
Induk Komodo menjaga sarangnya di Loh Buaya, Pulau Rinca, TN Komodo Foto: Dadan Kuswaharja
Jakarta -

Ada fakta menarik di balik proses pemilihan pasangan kawin Komodo. Kadal raksasa yang memiliki nama latin Varanus komodoensis ini tergolong selektif dalam proses reproduksinya, terutama bagi Komodo betina.

Melansir dari Komodo Travel, setahun sekali saat musim kawin tiba yang biasanya terjadi pada periode Mei hingga Agustus, komodo betina akan memberikan 'pengumuman' lewat bau dari kotorannya. Merespons hal itu, beberapa komodo jantan akan aktif bergulat memperebutkan hak kawin dari komodo betina.

Komodo jantan bakal bertarung untuk merebut pilihan komodo betina sekaligus menunjukkan kuasa dan dominasinya. Mereka akan bertarung layaknya pria bergulat hingga salah satu menyerah sampai tersungkur di tanah.

Kemudian, ketika salah satu komodo jantan kalah, maka pemenang akan menjulurkan lidah panjangnya pada tubuh komodo betina untuk melihat penerimaan sang betina.

Ketika gayung bersambut dari betina, maka kedua binatang reptil ini akan kawin dengan cara komodo jantan menggosokkan dagu di tubuh komodo betina dan menyatukan kedua alat reproduksi mereka.

Kemudian, selama bulan September, komodo betina akan bertelur rata-rata 20-30 telur di liang galian bukit. Setelah masa inkubasi selama 7-8 bulan, calon bayi komodo akan menggunakan 'gigi telur' khususnya untuk memecahkan cangkang telur agar bisa lepas.

Setelah berhasil menembus cangkang telur, bayi komodo tersebut bakal kelelahan dan seringkali beristirahat dalam waktu lama sebelum menggali jalan keluar dari sarangnya.

Sebab, bayi komodo yang baru lahir umumnya tidak berdaya sehingga mudah menjadi sasaran predator. Komodo membutuhkan tiga sampai lima tahun untuk menjadi dewasa, dan dapat hidup lebih dari 50 tahun.

Selanjutnya Reproduksi Hubungan Sedarah

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Komodo Masuk Kategori Satwa Terancam Punah"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA