Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 08 Nov 2020 13:30 WIB

TRAVEL NEWS

Selamat Jalan Gli, Kucing Penjaga Hagia Sophia

Bonauli
detikTravel
Gli, kucing penjaga Hagia Sophia
(Instagram) Gli, kucing penjaga Hagia Sophia
Istanbul -

Hagia Sophia bukan cuma dijaga oleh manusia. Bekas museum ini juga dijaga oleh seekor kucing menggemaskan bernama Gli.

Gil adalah kucing belang yang berusia 16 tahun. Selalu ada di sana, Gil sempat viral dan menjadi ikon dari Hagia Sophia. Banyak wisatawan yang datang untuk berfoto bersama Gil.

Dilansir dari berbagai sumber, Gli sempat sakit karena tua dan dirawat di klinik hewan. Tapi ternyata Gil tidak bisa bertahan lagi dan akhirnya mati.

"Kucing Hagia Sophia, Gli, yang dirawat di klinik hewan swasta (distrik Levent di Istanbul) sejak 24 September, sayangnya meninggal karena usia tuanya. Kami tidak akan pernah melupakanmu, Gli," kata walikota kota metropolis Turki, Ali Yerlikaya, dalam unggahannya di Twitter.

[Gambas:Instagram]

Melalui akun instagramnya, diberitahukan bahwa Gli sudah tidak lagi menjaga Hagia Sophia. Kolom komentar pun ramai dengan ucapan sedih.

"Kami begitu berduka," ujar sebuah akun di kolom komentar.

Postingan terakhir berupa foto Gli dengan latar bagian kubah Hagia Sophia. Kini fans Gli hanya bisa melihatnya dari laman IG saja.

[Gambas:Instagram]

Sebelum jadi masjid, Hagia Sophia adalah museum. Gli sudah menjaga Hagia Sophia dan tidak merasa terganggu dengan kedatangan wisatawan maupun jamaah yang ingin beribadah.

Selama beberapa tahun terakhir, Hagia Sophia sudah menjadi rumah Gli. Para penjaga di sana pun merawat Gli dengan sangat baik.



Simak Video "Pelataran Hagia Sophia Dipenuhi Jemaah Jelang Salat Jumat Perdana"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA