Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 09 Nov 2020 15:35 WIB

TRAVEL NEWS

Ciamis Punya Tradisi Nyangku, Digelarnya di Tengah Pulau Situ Panjalu

Tradisi Nyangku Ciamis
Tradisi Nyangku Ciamis (Foto: Dadang Hermansyah/detikcom)
Jakarta -

Ciamis memiliki tradisi bernama Nyangku. Uniknya kegiatan ini dilakukan di pulau di tengah danau Situ Panjalu. Traveler tahu?

Tradisi Upacara Adat Nyangku kembali di gelar, Senin (9/11/2020). Tradisi mencuci benda pusaka peninggalan Kerajaan Panjalu Prabu Borosongora ini berbeda dari tahun sebelumnya. Kali ini pelaksanaan Tradisi nyangku di tengah pulau Situ Panjalu.

Prosesi Tradisi Nyangku diawali dengan mengarak benda pusaka dari Museum Bumi Alit, diiringi dengan tabuhan Gembyung (alat musik tabuh). Benda pusaka dibawa dengan cara dipangku dan ditutup menggunakan kain.

Setelah sampai di Situ Panjalu, rombongan kemudian naik perahu membawa sejumlah benda pusaka itu ke pulau di tengah Situ Panjalu yang biasa disebut Nusa Gede. Perbedaannya, setelah berdoa di Nusa Gede, pusaka dibawa kembali untuk dibersihkan di pusat Taman Borosngora.

Namun dalam masa pandemi COVID-19 ini, mencuci benda pusaka tersebut dilaksanakan langsung di Nusa Gede. Tujuannya untuk membatasi peserta yang mengikuti Tradisi yang biasa digelar setiap bulan Rabiul Awal (Maulud) pada hari Senin atau Kamis.

Tahun-tahun sebelumnya, Upacara Adat Nyangku Panjalu ini merupakan pesta rakyat. Rangkaian kemeriahan biasa dilaksanakan sejak seminggu sebelum acara puncak. Mulai dari pasar malam hingga penampilan kesenian dan kebudayaan khas Panjalu dan Ciamis.

Sekadar diketahui Raja Panjalu Prabu Borosongora merupakan pemimpin yang berjasa dalam menyebarluaskan Islam di Panjalu dan sekitarnya.

Tradisi Nyangku CiamisTradisi Nyangku Ciamis (Foto: Dadang Hermansyah/detikcom)

Pj Sekda Ciamis, Toto Marwoto, mengatakan Ciamis memiliki budaya yang sudah tercatat sebagai warisan budaya tak benda (WBTB). Salah satunya adalah Nyangku ini.

"Ciamis kaya akan keanekaragaman budaya baik WBB maupun WBTB. Salah satunya yaitu upacara adat Nyangku yang memiliki nilai filosofis tinggi dan penguatan jati diri dan karakter yang kuat dalam memelihara dan melestarikan tradisi," ungkap Toto.

Selanjutnya, tradisi Nyangku dilakukan berbeda saat pandemi >>>

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "PPKM Dimulai, Pasar-Terminal di Ciamis Digeruduk Petugas"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA