Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 16 Nov 2020 13:20 WIB

TRAVEL NEWS

UEA Beri Visa Emas buat WNA Tenaga Medis yang Bantu Perangi Pandemi

Bonauli
detikTravel
DUBAI, UNITED ARAB EMIRATES - JULY 07: A general view of the Dubai Skyline on July 07, 2020 in Dubai, United Arab Emirates. Dubai has reopened to international tourists after airports in Dubai were closed as UAE authorities implemented preventive measures to stop the spread of Covid-19. (Photo by Francois Nel/Getty Images)
Kota Dubai (Getty Images/Francois Nel)
Dubai -

Uni Emirat Arab (UEA) menunjukkan apresiasinya kepada tenaga medis yang kerja di sana. UEA akan mempermudah izin tinggal selama 10 tahun alias mendapatkan visa emas.

Dilansir dari AFP, Senin (16/11/2020) visa emas ini khusus untuk WNA yang bekerja sebagai tenaga medis, ahli penyakit menular dan semua yang membantu memerangi pandemi virus Corona.

Sebelumnya, UEA sudah mengeluarkan program visa emas untuk pekerja terampil serta pengusaha. Kini kriteria penerima bisa emas diperluas. Maklum, izin perpanjang visa di tengah pandemi sangatlah sulit.

Menurut Perdana Menteri UEA, Penguasa Dubai, Syekh Mohhamed bin Rashid Al Maktoum, syarat untuk mendapatkan visa emas adalah orang-orang pemegang gelar doktor, dokter medis, ahli di bidang komputer, kelistrikan dan bioteknologi.

"Kami ingin merangkul bakat yang mendorong perkembangan masa depan dan ini baru saja dimulai," ujarnya.

Tak hanya orang yang sudah bekerja keras di bidang kesehatan, mahasiswa dari universitas terakreditasi yang mendapatkan nilai tertinggi juga akan mendapatkan visa ini. Apalagi mereka yang memiliki gelar khusus dalam kecerdasan buatan, data serta epidomiologi.

UEA sadar betul kalau negaranya menjadi salah satu 'rumah kedua' dari WNA. Menurut data WNA yang tinggal di sana mencapai 90 persen dari total populasi yaitu sekitar 10 juta jiwa.

Tahun lalu kebijakan visa emas mampu untuk menarik sekitar 6.800 investor atau senilai 27 miliar dolar AS bagi perekonomian UEA. Di masa pandemi yang sulit ini, UEA butuh lebih banyak pemasukan karena banyak sektor yang tak jalan sementara waktu.

Sejauh ini, UEA sudah mencatat lebih dari 150.000 kasus Corona. Total kematiannya 530 jiwa. UEA sempat memberlakukan lockdown dan jam malam untuk menekan laju penyebaran infeksi.

Menurunnya kasus pandemi, membuat UEA pelan-pelan membuka diri. Pariwisata sudah jalan, tinggal strategi untuk menambah jumlah wisatawan.

(bnl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA