Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 18 Nov 2020 06:41 WIB

TRAVEL NEWS

Setelah 600 Hari Pesawat Boeing 737 Max Segera Mengudara Kembali

Boeing 737 Max
Boeing 737 Max (Foto: CNN)
Jakarta -

Pesawat Boeing 737 Max sudah dikandangkan selama 600 hari. Sebentar lagi, pesawat yang menewaskan ratusan orang ini akan terbang kembali.

Pertanyaannya, apakah traveler mau terbang lagi dengan pesawat Boeing 737 MAX?

Boeing 737 Max dilarang terbang pada Maret 2019. Ini menyusul dua kecelakaan dalam waktu lima bulan dan menewaskan 346 orang.

Perwakilan Administrasi Penerbangan Federal (FAA) AS, Steve Dickson, mengatakan bahwa peninjauan perubahan desain yang diusulkan Boeing dapat selesai dalam beberapa hari pada awal pekan ini. Ada proses pengaturan sederhana yang mesti dilakukan.

Masalah selanjutnya yang paling pokok bagi Boeing juga maskapai adalah meyakinkan penumpang. Boeing 737 Max adalah pesawat terlaris di dunia dan bakal sulit meyakinkan penumpang bahwa pesawat itu sudah aman.

Beberapa maskapai, termasuk American Airlines, sudah mulai menjual tiket yang menggunakan Boeing 737 Max. Dalam hal ini, perusahaan baru menyediakan penerbangan harian pulang pergi satu kali.

"Pelanggan kami akan dapat dengan mudah mengidentifikasi apakah mereka bepergian dengan Boeing 737 Max meskipun jadwal berubah," kata juru bicara American Airlines Curtis Blessing.

Boeing 737 MaxBoeing 737 Max (Foto: CNN)

"Jenis pesawat akan terlihat saat memesan, dan jika jadwal berubah akan ada pemberitahuan," dia menambahkan.

United Airlines menjanjikan ke penumpang bahwa mereka dapat memesan ulang jika mereka tidak ingin terbang dengan Boeing 737 Max.

Southwest Airlines, pemilik armada Boeing 737 Max terbesar di AS sebelum pengandangan, mengatakan bahwa penerbangan menggunakan armada itu akan memakan waktu lebih lama. Butuh waktu sampai empat bulan hingga berakhirnya hukuman dan kembali ke layanan.

"Kami memiliki pengalaman operasional yang begitu baik. Ini adalah pesawat kami yang paling hemat biaya. Ini adalah pesawat kami yang paling dapat diandalkan," kata Chief operating officer Southwest, Mike Van de Ven.

"Boeing 737 Max yang paling ramah lingkungan. Dan ini adalah pesawat kami yang paling nyaman. Jadi kami sangat menantikan untuk menerbangkannya lagi," imbuh dia.

Tapi, argumen yang mungkin menenangkan investor sepertinya belum akan bisa membujuk penumpang. Membuat penumpang nyaman adalah tugas yang sulit

Pada dasarnya, bagian dari masalah Boeing 737 Max dalam meyakinkan penumpang adalah tidak adanya pedoman untuk melakukan itu. Lainnya, maskapai dan industri penerbangan komersial tidak suka berbicara tentang keselamatan.



Simak Video "Mulai Januari 2020, Boeing Hentikan Sementara Produksi 737 MAX"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA