Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 18 Nov 2020 15:15 WIB

TRAVEL NEWS

Kilas Sejarah Qantas Australia yang Kini Berumur 100 Tahun

Boeing 747 Qantas
Qantas (Foto: CNN)
Sydney -

Qantas jadi salah satu maskapai yang tangguh menghadapi pandemi. Kini, maskapai pelat merah Australia itu telah berumur 100 tahun dan berikut kilas sejarahnya.

Mengutip pemberitaan CNN, Rabu (18/11/2020) maskapai Qantas merayakan hari jadinya yang ke-100 pada Senin, 16 November 2020 lalu. Berita perayaan sederhana ini memberi rasa optimistis di tengah gempuran pandemi Corona.

Qantas Mulai Berdiri November 1920

Maskapai Qantas memulai layanan penerbangannya sebagai Queensland and Northern Territory Aerial Services, yang disingkat QANTAS, hurufnya besar semua. Perusahaan ini didirikan pada 16 November 1920.

Ada tiga pendiri Qantas, yakni Hudson Fysh, Paul McGinness dan Fergus McMaster. Mereka percaya bahwa bisnis penerbangan yang baru lahir mungkin menjadi cara untuk menghubungkan berbagai pos terdepan di daerah pedesaan Australia.

Pesawat pertama Qantas adalah Avro 504. Pesawat jenis biplan zaman pra-Perang Dunia I ini dapat menampung seorang pilot dan satu penumpang.

Awalnya, pesawat kecil Qantas hanya mengirimkan surat dan barang antara kota dan pedalaman pedesaan. Tapi maskapai ini juga berkembang seiring dengan majunya negara.

Perubahan Nama Qantas

Lalu, nama Qantas diubah menjadi huruf kecil semua. Perusahaan diubah menjadi maskapai penerbangan nasional Australia pada tahun 1959.

Rute penerbangan internasional pertama Qantas adalah ke Singapura pada tahun 1935.

Corak kanguru pertama kali muncul pada tahun 1944. Ikon ini menemani maskapai selama ekspansi di seluruh wilayah Asia-Pasifik dan sekitarnya.

"Di seluruh dunia, Qantas mungkin paling terkenal karena catatan keselamatan, ketahanan terbang, dan daftar panjang penerbangan yang pertama," kata CEO maskapai tersebut, Alan Joyce, dalam pernyataan pers.

"Tetapi bagi warga Australia, tidak ada yang lebih menyenangkan daripada melihat kanguru terbang di bandara, menunggu untuk mengantarmu pulang," imbuh dia.

Di tengah pandemi, Qantas banyak sekali mengoperasikan penerbangan bantuan. Maskapai diminta untuk membawa warga Australia kembali dari berbagai pelosok dunia.

Bukan hanya nama Qantas yang berubah selama seabad terakhir. Maskapai ini terkenal akan penciptaan kabin kelas bisnis yang khas dan satu-satunya perusahaan penerbangan yang memiliki rute ke tujuh benua.

Selanjutnya Strategi Qantas di Tengah Pandemi

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Kebakaran Hutan di Australia Mengancam Warga"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA