Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 18 Nov 2020 19:06 WIB

TRAVEL NEWS

7 Fakta Pramugari Citilink: Warna Seragam hingga Dilatih Bantu Persalinan

Putu Intan
detikTravel
Pramugara-Pramugari Citilink
Pramugara dan pramugari Citilink. (Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Pramugari maskapai berbiaya hemat, Citilink, memiliki sejumlah fakta menarik yang jarang diketahui masyarakat. Apa saja? Simak ulasannya berikut ini.

Bagi traveler yang sering bepergian dengan pesawat pasti tak asing dengan pramugari yang bertugas melayani dan memastikan keselamatan penumpang. Selain itu, pramugari ternyata juga dapat menjadi wajah maskapai lho.

Setiap maskapai memiliki ciri khas sendiri yang tercermin dari pramugarinya.

Nah kali ini, detikTravel akan membahas 8 fakta mengenai pramugari Citilink yang informasinya didapatkan dari wawancara eksklusif beberapa waktu lalu.

1. Perbedaan seragam

Maskapai Citilink memberlakukan dua jenis warna untuk pramugari yakni hijau toska dan hijau lime. Kedua warna ini digunakan untuk membedakan kru kabin yang bertugas.

Seragam hijau toska dikenakan pramugari senior sedangkan hijau lime untuk junior. Selain perkara pakaian, dalam hal riasan wajah, pramugari senior dan junior mengenakan warna lipstick yang berbeda. Pramugari senior mengenakan warna merah sedangkan yang junior mengenakan warna pink fuschia.

Tak cuma pramugari, pramugara juga memiliki seragam yang berbeda antara senior dan junior. Untuk yang senior akan mengenakan vest saat bertugas sementara yang junior tidak.

Adanya senior dan junior dalam penerbangan berfungsi untuk memenuhi kebutuhan penumpang. Misalnya dalam kondisi darurat, pramugari senior akan memberikan bantuan atau jawaban yang lebih tepat dari junior.

2. Memiliki tubuh proporsional

Setiap pramugari dan pramugara harus memiliki tubuh yang proporsional. Hal itu menjadi syarat dalam pendaftaran.

Dikutip dari situs Bandara Soekarno-Hatta, tinggi badan minimal untuk pramugara adalah 170 cm sedangkan pramugari 160 cm. Untuk berat badan, baik pramugara maupun pramugari dapat mengikuti penghitungan Body Mass Index (BMI).

Pramugara Citilink, Syepvin menceritakan pada detikTravel ketika ia hendak melamar pekerjaan, ia sempat gagak sebanyak dua kali karena berat badannya kelebihan 3 kilogram dari standar. Sementara pramugari Citilink, Nofema justru berat badannya di bawah standar sehingga keduanya harus berjuang menuju berat badan ideal.

3. Perbedaan pramugara dan pramugari

Sebenarnya dari segi tugas, baik pramugara maupun pramugari memiliki tugas yang sama. Namun pada masa pandemi ini, pramugara ditugaskan untuk membantu penerbangan kargo.

Tugasnya adalah menata dan menjaga barang-barang yang dikirimkan ke suatu daerah. Sebagaimana diketahui, intensitas penerbangan kargo Citilink mengalami peningkatan hingga 100 persen di masa pandemi Corona.

Selanjutnya: dilatih membantu persalinan

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA