Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 21 Nov 2020 16:15 WIB

TRAVEL NEWS

Yuk Bisa Yuk, Jangan Ada Lagi Zona Merah COVID-19

Femi Diah
detikTravel
Poster
Ilustrasi zonasi COVID-19 (Edi Wahyono)
Jakarta -

Satgas Penangangan COVID-19 menyebut ada perubahan zonasi COVID-19. Jumlah daerah yang berstatus zona oranye menurun, namun tetap ada yang berubah menjadi zona merah.

Dikutip dari situs resmi covid19.go.id pada 15 November, kasus virus Corona di Indonesia menunjukkan penurunan yang signifikan pada zona oranye atau risiko sedang. Yakni, dari 370 menjadi 345 kabupaten/kota.

"Pada pekan ini terjadi penurunan yang signifikan pada zona oranye, yaitu dari 370 menjadi 345 kabupaten/kota. Ini adalah langkah yang kita harapkan, karena sejak awal pandemi kabupaten/kota dengan zona oranye adalah paling banyak di antara zona risiko lainnya," kata Juru Bicara (Jubir) Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito dalam konferensi pers di kanal YouTube Sekretariat Presiden awal pekan lalu.

Khusus untuk provinsi DKI Jakarta lima wilayah, Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, dan Jakarta Utara, masuk zona oranye. Cuma Kepulauan Seribu yang masuk zona kuning risiko rendah).

Kendati ada penurunan jumlah daerah yang masuk zona oranye, 17 daerah justru statusnya meningkat dari zona oranye ke zona merah COVID-19.

Ke-17 kabupaten/kota yang berubah menjadi zona merah dari zona oranye itu mayoritas tersebar di Pulau Jawa, antara lain Banten, Jawa Barat, dan Jawa Tengah. Ditengarai, perubahan zonasi tersebut juga berhubungan erat dengan peningkatan kasus positif COVID-19 di daerah tersebut.

Daerah yang berubah menjadi zona merah di Jabar, antara lain Kabupaten Bandung, Tasikmalaya, Bekasi Purwakarta, Karawang, Kota Bekasi, dan Kota Cimahi.

Sementara di Jateng yakni Kabupaten Banjarnegara, Boyolali, Sukoharjo, Sragen, Kendal, Tegal dan Brebes. Di Banten terdapat Cilegon dan untuk di Jatim ada Kabupaten Lumajang.

Selain itu, zona kuning COVID-19 atau risiko rendah yang diumumkan pada 15 November di Indonesia menjadi 121 kabupaten/kota. Adapun zona hijau atau tak ada kasus baru dan tak terdampak sebanyak 20 kabupaten/kota.



Simak Video "33 Deretan Kab/Kota Pindah dari Zona Kuning ke Oranye"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA