Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 24 Nov 2020 14:49 WIB

TRAVEL NEWS

Asyik, Kampung Wisata Kreatif Cigadung Bandung Baru Saja Diresmikan

Wisma Putra
detikTravel
Kampung Wisata Kreatif
Foto: Kampung Wisata Kreatif Cigadung (Wisma Putra/detikcom)
Bandung -

Kampung Wisata Kreatif Cigadung baru saja diluncurkan. Peresmian dilakukan di Kecamatan Cibeunying Kaler, Kota Bandung oleh Wali Kota Bandung Oded M Danial.

Menurut Oded, seperti janji politik, pihaknya memiliki target delapan kampung wisata. Kampung wisata Cigadung merupakan yang kedua setelah Kampung Wisata Braga.

"Target 8, tapi lebih juga enggak masalah," kata Oded, Selasa (24/11/2020).

Kampung Wisata KreatifKampung Wisata Kreatif Foto: (Wisma Putra/detikcom)

Dia pun menambahkan, harus banyak kampung wisata di Kota Bandung, karena Bandung merupakan kota jasa yang tidak memiliki potensi pertanian. Oleh karena itu, jasa wisata harus didongkrak dan dikembangkan.

"Dengan kekuatan kita, nanti kalau di setiap wilayah dihadirikan kampung wisata, ini bisa menarik wisatawan, baik domestik atau mancanegara," ungkapnya.

Kampung Wisata KreatifKampung Wisata Kreatif Foto: (Wisma Putra/detikcom)

Menurutnya, bukan hal sederhana untuk membuat sebuah kampung wisata. Butuh kerjasama antar pemerintah, pengusaha dan tokoh kewilayahan.

"Di kampung wisata ini ada produk fesyen, kuliner, hotel dan penginapan, seni budaya, craft dan galery kreatif. Alhamdulillah Mang Oded yakin tinggal digerakan masyarakat. Masyakatnya kreatif dan inovatif, di Cigadung ini luar biasa," jelasnya.

"Setiap wilayah punya kearifan lokal masing-masing. Saya berharap, kalau kampung wisata ada di tiap wilayah, tinggal mempromosikan dan branding ke khalayak banyak," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisparbud) Kota Bandung Dewi Kenny Kaniasari mengatakan, kampung wisata ini hadir karena di Kota Bandung sendiri minim wisata alam.

"Ini wisata alternatif di Kota Bandung di kala pandemi COVID-19. Tahun kemarin di Braga, tahun ini di Cigadung dan tahun depan di Binong Jati dan Gedebage di Kampung Belekok itu bisa jadi wisata alam. Tujuannya juga pemberdayaan ekonomi sosial masyarakat," ujarnya.

Kampung Wisata KreatifKampung Wisata Kreatif Foto: (Wisma Putra/detikcom)

Lalu bagaimana jika ada wisatawan di luar Kota Bandung ingin datang ke Kampung Wisata Cigadung?

"Besok, kita juga mau launching paket wisata dan kalender event. Nanti informasi terkait paket wisata yang ada di Kota Bandung termasuk Kampung Wisata Cigadung dan Braga ada di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung dan kita juga ada Tourism Information Center di dekat Masjid Agung Alun-alun Bandung," kata Kenny.

"Informasi bisa didapat di kantor kita, atau di tourism information center. Kita juga akan buat pamflet dan brosur, juga secara online," tambahnya.

Pihaknya juga, bekerjasama dengan perhimpunan Humas Hotel Kota Bandung untuk mempromosikan kampung wisata di Kota Bandung.

Kampung Wisata KreatifKampung Wisata Kreatif Foto: (Wisma Putra/detikcom)

Pihaknya juga, memberdayakan tour guide yang berasal dari masyarakat sekitar. "Ada kelompok pariwisata, itu digerakkan kepengurusannya. Pak Camat, Lurah, Bapak Ibu RT RW nya mangga, ikut mempromosikan. Ini dari warga, oleh warga dan untuk warga," pungkasnya.



Simak Video "Distribusi Air Bersih ke Pelabuhan Patimban Dikebut "
[Gambas:Video 20detik]
(elk/elk)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA