Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 28 Nov 2020 15:28 WIB

TRAVEL NEWS

detikcom Raih Penghargaan Konservasi dari KLHK

Femi Diah
detikTravel
Bonita Hikayat Sang Raja
detikcom menerima Wildlife Survival Achievement Award. Penghargaan itu diterima oleh Direktur Utama detiknetwork Abdul Aziz. Foto: Rifkianto Nugroho/detikFOTO
Jakarta -

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyerahkan dua penghargaan kepada detikcom. Terkait konsistensi pemberitaan konservasi.

Penghargaan itu diberikan dalam acara Bedah Buku Bonita Hikayat Sang Raja karya Haidir Anwar Tanjung, di Arboretum Lukito Daryati, Gedung Manggala Wanabakti KLHK, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Jumat (27/11/2020). Penghargaan diberikan dalam suasana duka. Haidir berpulang pada 19 November 2020.

Acara tersebut dihadiri oleh Menteri LHK Siti Nurbaya, Wamen LHK Alue Dohong, Mantan Menteri LHK Sarwono Kusumaatmadja, Direktur Utama detiknetwork Abdul Aziz, Gubernur Riau Syamsuar, Kapolda Riau Irjen Agung Setia dan Para Dirjen di KLHK. Serta Danrem 031/WB Brigen TNI M Syech Ismed.

Pertama, penghargaan Lifetime achievement award for excellence journalism on wildlife conservation and environment safeguard atau penghargaan sepanjang hidup atas keunggulan dalam jurnalisme di bidang konservasi satwa langka dan pelestarian lingkungan. Istimewanya, penghargaan itu merupakan penghargaan yang diberikan pemerintah RI melalui KLHK kepada jurnalis atas dedikasi dan karyanya untuk kali pertama.

Penghargaan tersebut diberikan atas dedikasi Almarhum Chaidir yang turut serta dalam pelestarian dan perlindungan lingkungan hidup dan kehutanan. Penghargaan itu diterima oleh isteri Haidir, Elis Masyitoh, yang hadir bersama orang tua Haidir dan dua putra mereka, Muhammad Hafizh Al Farissi Tanjung dam Fikih Nauli Tanjung.

Nah, Bonita, si harimau Sumatera itu (Panthera tigris sumatrae) menjadi suguhan nyata konflik satwa liar dengan masyarakat. Bonita membuat dua nyawa di Kecamatan Pelangiran, Indagiri Hilir, Riau melayang pada awal 2020. Berita tentang Bonita menjadi perbincangan di seantero Tanah Air.

"Pada tahun 2020 ini, untuk pertama kalinya KLHK akan memberikan penghargaan Lifetime Achievement Award yaitu sebuah penghargaan yang luar biasa yang diberikan kepada seseorang, yang memiliki komitmen tinggi dan telah mendedikasikan sepanjang hidupnya terhadap upaya pelestarian, perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup dan kehutanan," kata Dirjen Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan (PSKL) KLHK, Bambang Supriyanto dalam sambutannya.

Bonita Hikayat Sang RajaKLHK menyerahkan penghargaan kepada wartawan detikcom Haidir Tanjung berupa Lifetime achievement award for excellence journalism on wildlife conservation and environment safeguard. (Foto: Rifkianto Nugroho/detikFOTO)

"Penghargaan ini diberikan kepada saudara Almarhum Haidir Anwar Tanjung sebagai sosok jurnalis yang dikenal memiliki kepedulian tinggi terhadap isu-isu konservasi, khususnya penyelamatan harimau Sumatera di Indonesia dan peningkatan kesadaran lingkungan bagi masyarakat," Bambang menambahkan.

Bambang menyebut pemberitaan yang disuguhkan Haidir konsisten menyuarakan kebakaran hutan, pembalakan liar, dan satwa langka. Khususnya, di Provinsi Riau.

"Kiprah seorang Haidir Anwar telah menunjukkan peran penting media dalam menjembatani kebijakan, program, dan kegiatan yang dilaksanakan oleh pemerintah khususnya dalam menyampaikan pesan yang positif yang menggugah kesadaran masyarakat untuk berpartisipasi dalam upaya pelestarian lingkungan dan kehutanan," katanya.

"Oleh karena itu Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan memberikan penghargaan Lifetime Achievement Award atas dedikasi sepanjang hidup dalam keunggulan jurnalistik di biang konservasi satwa langka dan pelestarian lingkungan," kata dia.

Yang kedua, detikcom menerima Wildlife Survival Achievement Award. Penghargaan itu diterima oleh Direktur Utama detiknetwork Abdul Aziz.

"Kami tentu saja dari detikcom merasa bahagia karena memang Bang Haidir ini adalah contoh sosok wartawan senior yang menjadi panutan kami," kata Aziz.

Bonita Hikayat Sang RajaBuku karya wartawan detikcom Haidir Tanjung Bonita Hikayat Sang Raja dirilis kemarin. (Rifkianto Nugroho/detikFOTO)

"Saya bergabung 2016 bayangkan Bang Haidir bergabung itu 2001, jadi rentangnya sudah luar biasa. Kiprah beliau ini sangat menjadi panutan dan bukan hanya, maaf saya kira kalau ada teman-teman dari Kompas dari teman-teman yang lain bukan hanya di detikcom, tapi beliau juga adalah panutan-panutan bagi media-media lain," Aziz menambahkan.

Sebelum acara pemberian penghargaan itu, Aziz menemui keluarga Haidir di kantor redaksi detikcom di Jakarta Selatan. Aziz juga menyerahkan bantuan berupa beasiswa kepada dua putra Haidir.

Dalam acara itu sekaligus diluncurkan buku karya Haidir Bonita Hikayat Sang Raja. KLHK berencana untuk mencetak 700 eksemplar.



Simak Video "Jurnalis detikcom Haidir Anwar Tanjung Dapat Lifetime Achievement Award dari KLHK"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA