Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 07 Des 2020 21:13 WIB

TRAVEL NEWS

Tugu Logam Misterius Muncul di Berbagai Tempat, Rupanya Buatan Seniman

Putu Intan
detikTravel
Misteri tugu logam di gurun Utah yang ditemukan awak helikopter
Ilustrasi tugu logam misterius. (Foto: BBC Magazine)
Amsterdam -

Kemunculan tugu logam di berbagai negara masih menjadi tanda tanya. Tugu logam misterius kembali muncul. Kini di Belanda.

Tugu logam (monolit) misterius muncul di cagar alam Kiekenberg, Belanda. Dilansir dari Business Insider, sekelompok orang yang sedang berjalan-jalan pagi tak sengaja menemukan bangunan logam menjulang tinggi itu pada Minggu (6/12/2020).

Monolit itu diketahui tertutup es dan dikelilingi genangan air kecil. Para pejalan kaki pun bingung bagaimana monolit itu bisa sampai di sana sebab tak ditemukan jejak kaki yang mengindikasikan tugu logam itu dipasang manusia. Ada yang menduga monolit itu ditanam alien.

Sekelompok orang pun mulai membuat spekulasi beragam. Ada yang mengatakan bahwa tugu itu merupakan bukti dari kehidupan asing namun penduduk setempat menanggapi hal itu sebagai lelucon.

Misteri kemunculan monolit di berbagai tempat

Sebelumnya, monolit misterius muncul di gurun negara bagian Utah, Amerika Serikat. Setelah itu muncul lagi monolit di Rumania.

Namun tak lama setelah kemunculannya viral, monolit di Utah tiba-tiba hilang sembilan hari setelah ditemukan pada 27 November 2020. Hal yang sama juga terjadi di Rumania di mana monolit itu tiba-tiba lenyap.

Setelah itu, tugu logam misterius muncul kembali di California yang kondisinya sedikit berbeda dengan monolit di Utah dan Rumania.

Bila di Utah dan Rumania monolit itu tertancap ke dalam tanah, tugu di California ini dilas setiap sudutnya dengan paku keling yang menempelkan panel samping ke rangka baja di dalamnya. Pada bagian atas monolit juga ditemukan bekas lasan dan berlubang.

Monolit itu pun akhirnya dibongkar oleh sekelompok pemuda sayap kanan. Dalam sebuah video yang beredar, tampak tiga pria mendorong monolit sambil meneriakkan 'America First' dan 'Christ is King'.

Salah seorang pemuda tampak mengenakan ikat kepala bertuliskan 'Make America Great Again'. Ia menyebut bagian dari konstruksi monolit itu 'gay' lalu menggantinya dengan monolit kayu salib.

Terungkap lewat postingan di Instagram

Namun tak lama misteri tugu logam yang viral akhirnya terungkap. Sekelompok seniman mengaku bertanggung jawab atas kemunculan monolit.

Para seniman yang menamai diri The Most Famous Artist itu memposting foto dan petunjuk di akun Instagram mereka yang merinci pembuatan monolit tersebut. Mereka menjualnya masing-masing seharga USD 60.596 (sekitar Rp 857 juta).

Di akun Instagram @themostfamousartist, kelompok seniman yang berbasis di Santa Fe, New Mexico ini memposting foto-foto monolit. Beberapa foto di antaranya tampak cocok dengan berbagai pemberitaan tentang tugu ini.



Simak Video "Tiang Logam Misterius Ditemukan di Gurun Amerika Serikat"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA