Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 08 Des 2020 19:35 WIB

TRAVEL NEWS

Dekat dengan Malaysia, Adakah Money Changer di Rupat?

Saat ini Bank BRI di Rupat merupakan  salah satu bank yang sangat berpengaruh di roda perekonomian di Rupat, Bengkalis, Riau.
Ilustrasi (Pradita Utama/detikTravel)
Bengkalis -

Pulau Rupat di Provinsi Riau berbatasan langsung dengan Port Dickson di Malaysia. Namun, uang ringgit Malaysia masih banyak beredar di sana.

Dalam ekspedisi Tapal Batas detikcom yang didukung oleh BRI, detikTravel berkesempatan datang ke pulau terluar yang masuk ke dalam Kabupaten Bengkalis itu. Salah satu yang menarik adalah terkait dengan penggunaan ringgit malaysia di sana.

Diungkapkan oleh Sekretaris Camat Rupat Utara Ahmad Tarmizi pada detikTravel, ada beberapa alasan kenapa uang Ringgit Malaysia masih banyak beredar di sana.

"Kalau dulu macam tak ada batas, dulu kita bawa kelapa ke perbatasan Malaysia di laut itu langsung barter gula makanan lain, sembako lainnya. Dan waktu itu memang masih berlaku dua mata uang, ringgit dan rupiah," ujar Ahmad.

Namun, praktek itu kini sudah tak ada lagi seiring dengan ketatnya patroli Polair dan imigrasi Indonesia. Hanya walau begitu, uang ringgit malaysia masih tetap masuk ke Rupat lewat penetrasi dari para pekerja Rupat di Malaysia.

"Mereka memang kebetulan juga, Pulau Rupat ini pulau terluar dan keluarga masyarakat ini banyaknya juga tinggal di Malaysia. Mereka kadang-kadang hanya pulang acara keluarga, tapi tetap sebagai WNA," ujarnya.

Terkait mata uang Ringgit Malaysia di Pulau Rupat, keberadaannya masih diterima oleh sejumlah toko kelontong setempat sebagai media pembayaran. Namun, berhenti sampai situ.

Saat ini Bank BRI di Rupat merupakan  salah satu bank yang sangat berpengaruh di roda perekonomian di Rupat, Bengkalis, Riau.Saat ini Bank BRI di Rupat merupakan salah satu bank yang sangat berpengaruh di roda perekonomian di Rupat, Bengkalis, Riau (Pradita Utama/detikTravel)

Kemudian, muncul pertanyaan baru terkait adakah money changer di Pulau Rupat. BRI hadir untuk memfasilitasi hal tersebut.

"Untuk kebutuhan terkait pembayaran2 di rupat kami hadir dengan 3 atm, kedepannya apabila dibutuhkan lebih tidak menutup kemungkinan kita juga akan menambah. Selain itu untuk mencukupi kebutuhan masyarakat, kita hadirkan pula agen BRI Link," ujar Pemimpin Cabang BRI Dumai, Muhammad Fendi Maulana pada detikTravel di Rupat Tengah.

Fendi menjelaskan, bahwa BRI juga memiliki fungsi untuk penukaran uang asing. Hanya saja, layanan itu baru tersedia di BRI Cabang Dumai dan belum di Rupat.

"Terkait money changer, di seluruh kacab BRI bisa dilakukan. Di USD, dolar singapura, ringgit, yen, real, renmibi. Kami tidak bisa mengesampingkan peluang tersebut karena seiring dengan pertumbuhan wisata maka orang yang datang ke tempat tersebut pasti tidak hanya dari domestik pasti ada dari luar juga," tutup Fendi.

Adapun tidak menutup kemungkinan kalau nantinya BRI bisa menghadirkan layanan money changer di Pulau Rupat. Tentu itu akan jadi kabar bagus bagi masyarakat setempat mau pun wisatawan asing yang datang liburan.

-----

Program Tapal Batas mengulas mengenai perkembangan infrastruktur, ekonomi, hingga wisata di beberapa wilayah terdepan khususnya di masa pandemi. Untuk mengetahui informasi dari program ini ikuti terus berita tentang Tapal Batas di tapalbatas.detik.com!



Simak Video "Rugikan Rp 129 M, KPK Tetapkan 3 Tersangka Kasus Proyek Bengkalis"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA