Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 09 Des 2020 07:12 WIB

TRAVEL NEWS

Inilah 10 Negara yang Tak Bisa Hidup Tanpa Pariwisata

Bonauli
detikTravel
Destinasi menyelam terbaik
Fiji (CNN)
Male -

Traveling bukan tren musiman, tapi juga penting untuk ekonomi suatu negara. Negara-negara ini amat mengandalkan pariwisata sampai tak bisa hidup tanpanya.

Buktinya, saat pandemi virus Corona muncul, yang membuat penerbangan domestik dan internasional setop hingga berimbas terhadap pariwisata, goncang pulalah ekonomi negara-negara tersebut.

Dalam prosesnya, negara-negara itu nekat membuka diri untuk wisatawan.Negara mana saja ya yang bertumpu pada sektor pariwisata?

Dilansir dari Travel Pulse, inilah peringkat negara-negara dunia yang paling bergantung dari pariwisata menurut persentase PDB (Produk Domestik Bruto) Bank Dunia tahun 2020.

1. Maldives

Siapa yang tak kenal Maldives? Karena keindahannya, Maldives berhasil masuk dalam deretan destinasi romantis dunia.

Ya, Maladewa adalah negara yang paling sengsara di tengah pandemi. Menurut Bank Dunia, total kontribusi pariwisata terhadap PDB yaitu USD 3 miliar. Total ini 75,1 persen dari total PDB.

Sementara pariwisata menyediakan 80.400 lapangan kerja. Jumlah ini 36,7 persen dari total pekerjaan yang ada di Maladewa.

Maldives telah membuka kembali pariwisatanya sejak 15 Juli lalu. Meski secara bertahap, tapi jumlah wisatawan yang datang terus meningkat dan membuat negara ini mulai berseri kembali.

2. Seychelles

SeychellesSeychelles Foto: (Thinsktock)

Seychelles adalah negara kepulauan yang terletak di lepas pantau timur Afrika, Samudera Hindia. Saking keringnya kantong karena Corona, mantan Menteri Pariwisata, Penerbangan Sipil, Pelabuhan dan Kelautan Seychelles mengusulkan untuk mencoba beralih ke wisata ganja.

Menurut Bank Dunia total kontribusi pariwisata terhadap PDB YAITU USD 999,9 juta. Jumlah ini bernilai 64,2 persen dari total PDB.

Dari pariwisata ada 29.700 lapangan pekerjaan yang tersedia. Total ini setara dengan 63,7 persen total pekerjaan yang ada di sana.

3. Antigua dan Barbuda

View of English Harbor from Shirley Heights, Antigua, paradise bay at tropical island in the Caribbean Sea - travel destination for vacationAntigua Foto: (Thinkstock)

Antigua dan Barbuda adalah negara di Kepulauan Karibia. Negara ini sudah menerima kembali turis internasional mulai Juni lalu. Yang membuat negara ini yakin untuk buka karena banyaknya tempat wisata terbuka yang disediakan. Sehingga cocok dengan kriteria new normal.

Menurut Bank Dunia, total pariwisata terhadap PDB yaitu USD 806,1 juta. Angka tersebut bernilai 52,4 persen dari total PDB.

Pariwisata sendiri menyediakan 17.000 lapangan pekerjaan alias 46,2 persen. Artinya hampir separuh penduduk negara ini bekerja di bidang pariwisata.

4. Bahama

Masih di Kepulauan Karibia, ada Bahama yang selalu jadi favorit bagi para pelancong kapal pesiar dan pemburu vitamin sea. Negara ini telah merugi sebesar USD 540 juta karena pandemi.

Dari Bank Dunia Bahama memiliki total kontribusi pariwisata terhadap PDB senilai USD 4,5 miliar alias 48,3 persen dari total PDB. Bahama membuka kembali batasan-batasan negaranya dengan konsep staycasion agar dapat cuan.

Wajar saja, negara ini punya 114.900 lapangan pekerjaan di bidang pariwisata. Jumlah ini 56,2 persen dari total pekerjaan yang tersedia.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3
BERITA TERKAIT
BACA JUGA