Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 10 Des 2020 19:06 WIB

TRAVEL NEWS

8 Agama Tertua di Dunia, Ada Apa Saja?

Puti Yasmin
detikTravel
Ilustrasi Salam Semua Agama (Andhika Akbarayansyah)
Foto: Ilustrasi Salam Semua Agama (Andhika Akbarayansyah)/8 Agama Tertua di Dunia, Ada Apa Saja?
Jakarta -

Setiap orang berhak memeluk agama atau kepercayaannya masing-masing. Ternyata agama ini sudah ada sejak lama. Apa saja agama tertua di dunia?

Menurut KBBI, agama adalah sistem yang mengatur tata keimanan (kepercayaan) dan peribadatan kepada Tuhan yang Maha Kuasa. Selain itu, agama juga mengatur hubungan pergaulan manusia dan manusia serta lingkungannya.

8 Agama Tertua di Dunia dikutip dari The Culture Trip:

  • 1. Hinduisme

Kelahiran agama pertama kali di dunia terjadi sekitar abad ke 15-5 sebelum masehi. Hindu juga menjadi agama tertua di Indonesia dengan kepercayaan pada kitab suci Veda atau Weda.

  • 2. Zoroastrianisme

Agama ini juga dikenal dengan nama Mazdayasna dan berdiri sekitar tahun 10-5 sebelum masehi. Agama ini diketahui sangat berpengaruh dari tradisi Ibrahim dan berkembang di Iran, India, dan Irak hingga saat ini.

  • 3. Yudaisme

Agama tertua di dunia ini juga berlandasan dari agama Ibrahim dan berasal dari kerajaan Israel dan Yehuda. Yudaisme diketahui merupakan variasi dari kepercayaan di Mesir Kuno bernama Ayenisme.

  • 4. Jainisme

Jainisme dulu menjadi agama yang dominan di benua India sebelum masuknya Hindu. Para pengikut agama ini percaya pada tirthankara, pengkhotbah yang mahatahu dari jalan Jain, serta disiplin diri.

  • 5. Konfusianisme

Agama ini dipengaruhi oleh tradisi rakyat Tiongkok, seperti pandangan dunia supranatural (surga, tuhan, dan ramalan). Ajaran ini berasal dari seorang politisi, guru, dan filsuf China bernama Confucius.

  • 6. Budhaisme

Budha berkembang di tahun 6-5 sebelum masehi di Nepal. Agama ini berasal dari Siddharta Gautama yang dikenal sebagai Buddha dan dianut setidaknya oleh 400 juta orang hingga akhir ini.

  • 7. Taoisme

Taoisme berkembang dari agama rakyat tradisional Tiongkok. Saat ini diperkirakan ada 170 juta orang Tiongkok yang berafiliasi pada Taoisme dan 12 juta orang mengikutinya.

  • 8. Shintoisme

Agama tertua di dunia yang terakhir adalah Shintoisme. Agama ini merupakan keturunan dari agama rakyat animistik Yayoi di Jepang dan memiliki pengikut yang terorganisir di negaranya

Sementara itu, agama terbesar di dunia 2020 adalah Kristen yang tergabung dari Katolik dan Protestan. Adapun, jumlah pemeluknya saat ini 2.382.750.000 jiwa.



Simak Video "Di Gereja Blenduk, Yaqut Cholil Tegaskan Jadi Menteri Semua Agama"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pal)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA