Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 15 Des 2020 08:41 WIB

TRAVEL NEWS

Jalur Pendakian Baru Gunung Rinjani Ada di Desa Wisata Tertua Lombok: Tete Batu

Desa Wisata Tete Batu
Desa Tete Batu di kaki Gunung Rinjani (Foto: Ahmad Masaul Khoiri/detikcom)
Mataram -

Gunung Rinjani kini memiliki lima jalur pendakian. Terbaru, pihak balai mengesahkan satu lagi di Kabupaten Lombok Timur.

Sebelumnya, traveler yang akan mendaki Gunung Rinjani harus ke Sembalun, Senaru, Aik Berik dan Timbanuh. Tak semua jalur ini berakhir ke Segara Anak, dan belum jelas apakah jalur pendakian Tete Batu sampai mana ujungnya.

Diketahui bahwa Desa Tete Batu adalah yang desa wisata tertua yang ada di Pulau Lombok. Desa ini ada di Kecamatan Sikur, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

"Hari ini, 13 Desember 2020 telah diadakan Penandatanganan Piagam Rinjani dan Sosialisasi Kebijakan Pemulihan Ekosistem. Sekaligus dirangkai pula dengan Soft Launching Jalur Pendakian Wisata Rinjani yang berlangsung di Ulem-ulem, Desa Tetebatu, Kecamatan Sikur, Kabupaten Lombok Timur," kata TN Gunung Rinjani di Instagram.

"Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara Balai TNGR dengan Geopark Rinjani Lombok serta kerja sama pokdarwis dengan masyarakat desa Tete Batu," imbuh dia.

"Tete batu merupakan desa wisata tertua di Lombok, pada kesempatan ini juga akan dilakukan soft launching jalur pendakian tetebatu setelah mendapatkan restu dari Dirjen KSDAE," kata dia lagi.

[Gambas:Instagram]

Dalam catatan redaksi, rasanya Lombok punya tempat wisata yang mirip-mirip dengan Bali. Inilah Desa Wisata Tete Batu yang disebut Ubud-nya Lombok yang terletak di kaki Gunung Rinjani.

Hawa sejuk dengan hamparan bukit dan sawah yang hijau sepanjang mata memandang menjadi suguhannnya. Perjalanan setapak dan harus melewati sejumlah pematang sawah menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

"Selain menikmati persawahan, turis yang datang dapat pula ke air terjun Tibu Topat, Tibu Rongga, maupun air terjun Burung Wallet. Namun masih ada jalan yang belum dibuka. Jadi lewat hutan," ujar Muhajar (36), Kepala Dusun Grisak, Desa Tete Batu, Kecamatan Sikur, Kabupaten Lombok Timur kepada detikTravel, Minggu (16/10/2016).

Keberadaan Desa Wisata Tete Batu sendiri baru dibuka oleh pemerintah setahun belakangan ini. Semenjak pembukaan ini pula sudah banyak turis asing yang datang berkunjung.

"Sudah banyak turis asing ke sini. Hampir tiap hari mereka jalan-jalan menyusuri pematang sawah," ucap Muhajar.

Untuk mencapai Desa Wisata Tete Batu membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam perjalanan dari Kota Mataram. Disarankan bagi Anda yang ingin berkunjung untuk menggunakan kendaraan pribadi atau sewa mobil.

Penginapan di tempat ini terbilang cukup memadai. Gunung Rinjani akan nampak indah dari desa ini ketika langit sedang bersih di pagi hari dan menjelang malam tiba.



Simak Video "Bikin Takjub, Inilah Porter-porter Sakti Gunung Rinjani, Lombok"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA