Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 20 Des 2020 08:45 WIB

TRAVEL NEWS

Mau Staycation di Libur Akhir Tahun? Ini Tips Amannya

liburan
Foto: shutterstock
Jakarta -

Sudah sembilan bulan lebih masyarakat Indonesia menjalani aktivitas di rumah saja. Tentu, kamu sudah merasa jenuh dan bosan bukan? Rasanya ingin segera pergi berlibur, terlebih sebentar lagi sudah memasuki masa libur akhir tahun.

Ada beragam kegiatan yang bisa kamu lakukan. Salah satunya yaitu staycation, alternatif yang dinilai lebih aman dalam menyambut libur natal dan tahun baru 2021. Namun, ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan, tentunya agar staycation lebih aman dan nyaman di tengah pandemi COVID-19.

Melansir dari beragam sumber, berikut tips aman staycation untuk kaum milenial. Apa saja?

Cek Kondisi Kesehatan
Sebelum bepergian, hal penting yang tidak boleh kamu lupakan, yakni memeriksakan kondisi kesehatan seperti dikutip dari Covid-19.go.id. Supaya kegiatan staycation tetap aman dan menyenangkan. Apabila kamu merasa tidak enak badan, sebaiknya tunda dulu, ya, rencana staycation-nya untuk kebaikan bersama!

Pilih Hotel Dekat dengan Tempat Tinggal
Rencana berlibur di tempat yang jauh sebaiknya ditahan dulu, sampai kondisi pandemi COVID-19 benar-benar berlalu. Kamu bisa pilih hotel untuk staycation di dalam kota dan berada tidak jauh dari lingkungan tempat tinggal.

Selain aman, hal ini juga lebih praktis karena kamu tidak perlu repot naik kendaraan umum. Jangan lupa, pilih hotel dengan kamar yang bersih dan menerapkan protokol kesehatan!

Membawa Alat Makan Sendiri
Apabila kamu takut menggunakan alat makan bersama yang disediakan hotel, sebaiknya bawa alat makan sendiri. Pasalnya, kamu nggak pernah tahu siapa saja yang sudah memakai alat makan tersebut, apakah ia dalam keadaan sehat atau tidak.

Jadi, membawa alat makan sendiri merupakan alternatif paling aman, seperti dikutip dari Unicef.org. Terlebih saat ini sudah banyak sendok makan dalam ukuran travel size yang mudah dibawa.

Selalu Patuhi Protokol Kesehatan
Melansir dari Unicef.org, tips vacation selanjutnya selama pandemi adalah tetap mematuhi protokol kesehatan yang ada. Tentunya agar kamu terhindar dari paparan virus Corona. Ingat untuk selalu cuci tangan dengan sabun, pakai masker, dan jaga jarak aman dengan orang di sekitar.

Melakukan Pembayaran dengan Metode Cashless
Agar mencegah penularan COVID-19, transaksi pembayaran dengan metode cashless dinilai lebih aman karena mampu membatasi penyebaran virus Corona. Cashless sendiri yakni pembayaran tanpa menggunakan uang fisik.

Jadi, carilah hotel yang menyediakan layanan pembayaran cashless tadi, agar keamanan selama staycation lebih terjamin.

Nah itulah tadi beberapa tips aman staycation ala savacation untuk kaum milenial di masa pandemi COVID-19. Bila perlu, sediakan tas berisi new normal starter kit, supaya savacation kamu tetap bebas khawatir.

Savacation merupakan ajakan kepada masyarakat untuk tetap menikmati liburan dengan cara yang aman sesuai pilihan masing-masing, baik tetap berada di rumah dengan suasana liburan atau bepergian dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, sebagaimana imbauan dari pemerintah.

Kamu juga bisa memanfaatkan promo Savacation dari BNI, lho! Promo ini bisa digunakan untuk belanja makanan, baju, serta banyak lagi. Mulai dari diskon hingga Rp 1.212.000 dengan Kartu BNI, cashback 70% transaksi e-channel, bebas angsuran pokok menggunakan BNI Fleksi & Griya, serta voucher diskon 75% menggunakan BNI Tabungan Digital.

(mul/mpr)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA