Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 23 Des 2020 20:11 WIB

TRAVEL NEWS

Sandiaga Uno Jadi Menparekraf, Pemerhati Pariwisata: Ditunggu Inovasinya

Syanti Mustika
detikTravel
Sandiaga Uno
Menparekraf Sandiaga Uno diminta berinovasi di tengah pandemi virus Corona. (Achmad Dwi Afriyadi)
Jakarta -

Sandiaga Uno resmi menjadi Menparekraf. Pemerhati pariwisata menilai Sandiaga orang yang tepat, tinggal membuktikan dengan inovasi di tengah pandemi.

Jokowi melantik enam menteri baru pada hari ini, Rabu (23/12/2020). Salah satunya adalah Sandiaga Uno sebagai Menparekraf menggantikan Wishnutama Kusubandio.

Pemilihan Sandiaga sebagai orang yang nanti berperan penting dalam pariwisata Indonesia dinilai tepat oleh Guru Besar UGM sekaligus pakar pariwisata Muhammad Baiquni.

"Sandiaga Uno punya pengalaman dan jaringan yang luas, dia orang yang tepat untuk membangun industri berbasis kreatif dan UMKM sebagaimana dulu yang dia janjikan masa kampanye. Dulu memang rival dengan Jokowi, sekarang telah menyatu dan dia tetap harus menjunjung tinggi janjinya," ungkap Baiquni saat dihubungi detikcom, Rabu (23/12/2020).

Baiquni berpesan agar Sandiaga bisa menciptakan inovasi pariwisata di tengah pandemi COVID-19. Bukan sekadar melanjutkan pekerjaan yang sudah dirintis oleh menparekraf sebelumnya.

"Untuk pergerakan ke depannya tergantung strategi dan kebijakan kementerian yang baru ini. Kalau business as usual, tidak akan tumbuh. Karena infrastruktur dan ekologi bisnis pariwisata berubah total," dia mengungkapkan.

Usai pelantikan tadi pagi, Sandiaga menyampaikan tiga gagasan utamanya nanti.

"Pertama, inovasi. Karena kita harus bergerak secara cepat bahwa Presiden dan Bapak Wapres berpesan agar setahun ini harus ada perubahan yang mendasar untuk berbenah pada lima destinasi superprioritas, dari wisata, tarian, infrastruktur dan segala yang berkaitan dari pariwisata ekonomi kreatif," Sandiaga Uno menjelaskan.

"Kedua adalah adaptasi. Adaptasi dengan keadaan terkini, yaitu COVID-19. CHSE salah satunya yang harus dipastikan untuk kebangkitan sektor ini. Yang terakhir adalah kolaborasi, kami harus menggandeng semua pihak," ujarnya.

Di tengah pandemi ini, Sandiaga menyadari membangkitkan pariwisata bukan persoalan gampang. Apalagi, dia diminta untuk juga membuka lapangan kerja di saat banyak pekerjaan di sektor wisata hilang karena wabah COVID-19.

"Ini tugas berat, ribuan pekerja terdampak COVID-19. Kami harus memperdayakan semua sektor untuk membuka lapangan pekerjaan, terutama di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif," ungkapnya.

Selamat bertugas Sandiaga Uno!



Simak Video "Konten Kreatif Bantu Promosi Desa Wisata, Sandiaga Benahi Jaringan Internet"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA