Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 31 Des 2020 07:11 WIB

TRAVEL NEWS

Malam Tahun Baru, Pemda DIY Tutup Tempat Wisata di 4 Kabupaten

Akibat gelombang tinggi, nelayan tak melaut, (11/6/2019).
Gunungkidul (Pradito Rida Pertana/detikcom)
Yogyakarta -

Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (Pemda DIY) menutup tempat wisata saat malam pergantian tahun. Penutupan itu menyasar empat kabupaten di DIY.

Penutupan itu tertuang dalam surat nomor 443/03734 tentang penutupan objek wisata pada malam pergantian tahun baru. Surat tertanggal 31 Desember yang diteken Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji ini ditujukan ke Bupati Sleman, Bupati Bantul, Bupati Gunungkidul dan Bupati Kulonprogo.

"Berdasarkan hasil rapat koordinasi Polda DIY dengan Gugus Tugas Penanganan COVID-19 DIY, Kota Yogyakarta, Kabupaten Sleman dan Kabupaten Bantul pada hari Selasa, tanggal 29 Desember 2020 yang bertempat di Mapolda DIY," ucap pada surat yang dilihat detikcom, Rabu (30/12/2020).

Hasilnya Pemda ingin mengantisipasi kerumunan di tempat-tempat wisata saat malam pergantian tahun. Sebab, saat ini pandemi COVID-19 belum berakhir dan kasus baru COVID-19 di DIY setiap harinya terus bertambah.

"Maka untuk mengantisipasi terjadinya kerumunan orang dalam melaksanakan perayaan pergantian tahun baru 2021 di objek wisata perlu dilakukan pembatasan jam operasional objek wisata pada hari Kamis, tanggal 31 Desember 2020 sampai jam 18.00 WIB," dia menambahkan.

Oleh sebab itu, dia menyebut agar di masing-masing Kabupaten dapat melakukan penutupan sebagaimana hasil rapat dimaksud dan dalam pelaksanaannya agar berkoordinasi dengan TNI/Polri. Semua itu untuk memutus rantai penyebaran COVID-19.

Tempat wisata di Sleman antara lain Agrowisata Bhumi Merapi, Lava Tour Merapi, The Lost World Castle, Taman Gardu Pandang Kaliurang, Merapi Park, candi Sambisari, dan Istana Ratu Boko. Sementara itu, tempat wisata di Bantul di antaranya Pantai Parangtritis, Gumuk Pasir Parangkusumo, Pantai Depok, Pantai Pandansari, dan Curug Pulosari.

Gunung Kidul juga memiliki pilihan beragam tempat wisata. Di antaranya, Gunung Ireng Patuk, Goa Jomblang, Gunung Bagus Paliyan. Gunung Api Purba Nglanggeran. Air terjun Luweng Sampang, dan Pantai Baron.

Seperti tiga kabupaten liian, Kulon Progo juga kaya pilihan tempat wisata. Di antaranya, air terjun Kedung Pedut, Kalibiru dan Pule Payung, goa Krebon Krembangan, Kebun teh Nglinggo, kebun bunga matahari pantai Glagah, dan hutan pinus Girimulyo.

(bnl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA