Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 06 Jan 2021 14:40 WIB

TRAVEL NEWS

9 Arahan Jokowi ke Sandiaga di Sektor Pariwisata

Femi Diah
detikTravel
Menparekraf Sandiaga Uno
Menparekraf Sandiaga Uno (Grandyos Zafna/detikTravel)

5. Coret Anggaran Promosi yang Tidak Efektif

"Secara spesifik, bapak presiden menyinggung masalah pameran. Banyak pameran yang dilakukan oleh kementerian dan lembaga," kata Sandi.

"Bapak Presiden memberikan contoh pameran di Jerman dan Dubai. Stannya kecil dan dekat toilet. Ini memberikan persepsi kurang baik. Arahannya, coret anggaran promosi, fokus pada promosi yang lebih memiliki efektivitas tinggi, terkoordinasi, dan bisa menimbulkan persepsi yang baik dan jangan sampai jatuhkan nama baik Indonesia. Itu arahan luar biasa. Efisiensi harus ditingkatkan," dia menjelaskan.

6. Kembangkan Agrowisata

"Dari segi pangan, potensi agrowisata bagaimana sesuai dengan rapat koordinasi saya dengan menko, bisa dikembangkan di berbagai daerah seperti Humbang Hasundutan di Sumatera Utara dan Belitung," ujar Sandi.

7. Perbaikan 5 Destinasi Super Prioritas

"Khusus pariwisata, Pak Jokowi menginginkan perbaikan lima destinasi super prioritas dari segi produk-produk pariwisata dan ekonomi kreatif. Masing-masing itu harus dikerjakan secepatnya selama 1 tahun. Selagi COVID-19 ditangani dari sisi kesehatan, tapi persiapannya ini tidak boleh berhenti. Harus dijadwalkan calendar of event," kata Sandi.

8. Wisata Berbasis Kesehatan

"Saya dan teman-teman komunitas sudah antusias menyelenggarakan event-event yang berbasis kesehatan dengan protokol yang sesuai dengan aturan. Setelah pandemi selesai, setelah vaksin bisa didistribusikan, lima destinasi dan yang lain bisa dikunjungi dan ini sudah ready dan punya produk yang memiliki kelas dunia," ujar Sandi.

9. Komunikasi dengan Kementerian Lain

"Dari UU Cipta Kerja diharapkan bisa membawa investasi di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Dan, arahannya mempermudah investasi di sektor-sektor terkait," ujar Sandi.

"Nah, ekonomi kreatif dan pariwisata sangat bergantung pada stabilitas politik dan keamanan. Tentunya lintas sektor, kami akan berkoordinasi di sisi politik keamanan baik menko polhukam maupun TNI dan Polri. Arahan itu mampu memberikan satu guidance agar kita bisa bekerja lebih keras di 2021 tentu mengacu kepada protokol kesehatan maupun penanganan dari sisi kesehatan yang baik," kata Sandiaga Uno.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA