Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 06 Jan 2021 20:21 WIB

TRAVEL NEWS

Patung Vagina Raksasa Hebohkan Brasil

Vagina raksasa Brasil
Patung Vagina raksasa Brasil (Foto: CNN)
Usina de Arte -

Sebuah patung vagina raksasa bikin heboh warga Brasil. Tak hanya heboh, keberadaannya juga menimbulkan kontroversi di antara warga sana.

Diberitakan CNN, Rabu (6/1/2021), inilah patung instalasi vulva. Dibuat dari beton, karya seni ini terlihat seperti vulva atau bagian luar vagina.

Memiliki panjang 33 meter, karya seni ini dibuat oleh seniman visual Juliana Notari. Ia membangunnya di lereng bukit di Usina de Arte, taman seni pedesaan di negara bagian Pernambuco, Brasil timur laut.

Notari mengunggah tentang karya itu dengan judul 'Diva' di Facebook pada tanggal 30 Desember. Ia merinci bagaimana lebih dari 20 pria mengerjakan patung buatan tangan itu.

Ukuran lebar patung vagina raksasa ini yakni 16 meter dan kedalamannya sendiri mencapai 6 meter. Ada makna terkait pembangunan instalasi seni ini.

Dalam unggahan tersebut dikatakan juga bahwa pekerjaan itu dimaksudkan untuk 'mempertanyakan hubungan antara alam dan budaya dalam masyarakat barat falosentris dan antroposentris'. Dan, patung vagina raksasa ini memicu pertanyaan 'problematisasi gender'.

Tak butuh waktu lama, unggahan Notari di Facebook langsung mendapat beragam komentar dari warga Brasil. Ada yang mengkritiknya.

Vagina raksasa BrasilVagina raksasa Brasil (Foto: CNN)

"Organ seks tidak diciptakan untuk dikagumi, apalagi disebut seni," tulis salah satu pengguna Facebook.

"Ini tidak berpengaruh dan tidak perlu dan tidak ada artinya. Anda melakukan ini karena Anda tahu akan ada kritik dan itulah yang Anda inginkan, publisitas," tambah dia.

Komentar lain menyinggung soal agama hingga kebencian akan wanita. Hingga senin lalu, sudah 25.000 komentar menghiasi unggahan patung vagina raksasa Notari.

"Apa tidak cukup melihat begitu banyak wanita pamer bokongnya, memakai celana pendek atau rok mini, sekarang ada vagina di lapangan terbuka," kata komentator lainnya.

"Ini, bagi saya, tidak pernah bisa disebut seni," tambah dia.

Vagina raksasa BrasilJuliana Notari, seniman Diva, vagina raksasa Brasil (Foto: CNN)

Olavo de Carvalho yang sering disebut sebagai pengaruh ideologis sayap kanan presiden Brasil, Jair Bolsonaro, menyampaikan karya seni itu di Twitter. Ia berkomentar tidak senonoh yang merujuk pada organ reproduksi pria.

Namun, ada juga yang memuji pekerjaan seni vagina raksasa itu, termasuk Kleber Mendonça Filho, seorang sutradara film.

"Kerja bagus Juliana Notari, membuat pria membuat vagina sepanjang 30 meter di Pernambuco, selama kepresidenan Bolsonaro," cuitnya.

"Reaksi terhadap karya seni mencerminkan kesuksesannya," imbuh dia.

Patung Diva adalah yang terbaru dari serangkaian karya seni Notari yang membahas gagasan tentang luka.

"Itu salah satu luka terbesar yang pernah saya buat. Luka ini, bagaimanapun, jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan trauma perbudakan, pekerjaan yang tidak terlindungi, ekosida, dan trauma kekerasan yang terjadi di Usina ini, seperti di properti kolonial swasta lainnya," katanya kepada CNN.

"Meskipun saya tahu itu adalah karya seni yang memiliki dampak, saya tidak pernah berpikir orang akan membenci atau bahwa tanggapannya akan mengambil proporsi besar di media sosial," kata Notari.

Diva adalah karya seni patung vagina raksasa yang memungkinkan pemotongan struktur patriarki di Brasil. "Karena, itu yang terus diperkuat oleh wacana kebencian sayap kanan Jair Bolsonaro," katanya.

(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA