Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 07 Jan 2021 13:40 WIB

TRAVEL NEWS

Rupat Utara Punya Sumur Bertuah Untuk Wisata Religi

Desa Titi Akar di Rupat Utara.
Sumur bertuah di Desa Titi Akar, Rupat Utara, Bengkalis, Riau (Istimewa/Kades Desa Titi Akar Sukarto)
Bengkalis -

Kecamatan Rupat Utara di Kabupaten Bengkalis populer dengan wisata pantai. Selain itu, wisata religi juga mulai dipopulerkan.

Semenjak Tol Pekanbaru Dumai atau Tol Permai dibuka, tak sedikit wisatawan yang menjadikan Pulau Rupat sebagai destinasi wisata pilihan. Kecamatan Rupat Utara yang punya pasir pantai putih pun jadi primadona.

Tak cuma pantai pasir putih, Kecamatan Rupat Utara juga punya wisata religi. Salah satunya dapat ditemui di Desa Titi Akar, yang menjadi kediaman Suku Akit Atas.

Hal itu pun disampaikan oleh Kepala Desa Titi Akar, Sukarto, pada detikTravel, Kamis (7/1/2021). Salah satu yang ingin diperkenalkan adalah sebuah sumur tua bertuah peninggalan Datuk Kalifah Baliyan dan Tuan Syekh Ahmad Kasim.

"Lokasi sumur tua berada di ujung pasir, Dusun Hutan Samak, Desa Titi Akar. Sumur tua tersebut airnya bisa menjadi obat untuk masyarakat yang sakit, karena sudah terbukti ada beberapa masyarakat datang dengan meminta air sumur tua sehingga sakitnya sembuh dan niat terkabul," ujar Sukarto.

Desa Titi Akar di Rupat Utara.Sumur bertuah di Desa Titi Akar, Kecamatan Rupat Utara (Istimewa/Kades Desa Titi Akar Sukarto)

Selaku cucu dari Datuk Kalifah, Sukarto memiliki kewajiban untuk menjaga dan merawat sumur yang sejatinya sarat sejarah Rupat tersebut. Terlebih, ada cerita sejarah dan keajaiban yang diakibatkan karenanya.

"Saat beliau masih hidup, beliau sering berkunjung ke makam sumur tua tersebut. Dimana yang sangat aneh, sumur tua Datuk Kalifah Baliyan letaknya di dekat pinggir pantai. Ketika pasang besar maka bisa mencapai sumur tua tersebut. Namun, anehnya air sumur tua tidak asin dan sekarang kondisi sumur tua sangat semak karena tidak terawat," ujarnya.

Desa Titi Akar di Rupat Utara.Lokasi dari sumur tersebut (Istimewa/Kades Desa Titi Akar Sukarto)

Saat ini, Sukarto tengah meminta izin pada PT MMJ selaku pemilik lahan di mana sumur itu berada. Ia juga berniat mengajukan surat kepada Bupati Bengkalis, Kadis pendidikan dan olah raga Bengkalis. Sedangkan dari Kecamatan, Sukarto juga telah meminta izin dari Camat Rupat Utara, Agus Sofyan.

Sedangkan untuk makam dari Datuk Kalifah Baliyan, ada di Kota Dumai. Lokasi persisnya ada di Basilam Baru, Sungai Sembilan.

"Sumur tua ini sangat tinggi nilainya dan bisa dijadikan nilai tambah dalam menjadikan Kecamatan Rupat Utara menjadi wisata religi. Besar harapan saya agar Pemda Kabupaten Bengkalis juga memberikan perhatian dan dukungan dalam mewujudkan wisata religi tersebut," tutupnya.



Simak Video "Gagal Jadi Wabup Bengkalis, Iyeth Bustami: Belum Rezeki"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA