Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 08 Jan 2021 09:10 WIB

TRAVEL NEWS

Pernah Kena PHK, Sandiaga Uno Pahami Kesulitan Pengusaha Wisata

Menparekraf Sandiaga Uno
Sandiaga Uno Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Sebagai orang yang pernah terkena PHK, Menparekraf Sandiaga Uno memahami kesulitan pengusaha di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Seperti kita ketahui pandemi COVID-19 benar-benar mempengaruhi banyak sektor. Para pengusaha kecil yang terkena imbasnya. Begitu halnya di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Tak sedikit pengusaha kecil di tempat wisata yang terpaksa menutup usahanya.

"Saya melihat dengan kepala mata saya sendiri kesulitan yang dialami oleh pelaku pariwisata dan penggiat ekonomi kreatif," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno kepada detikcom.

Sandiaga mengatakan saat ini dia tengah berkunjung ke Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. Dalam kunjungannya itu dia bertemu seorang pengusaha kuliner, Lidya, yang bercerita ke Sandiaga kalau usahanya terpaksa tutup karena jumlah wisatawan yang anjlok.

Jumlah wisatawan di Labuan Bajo selama 9 bulan pertama di tahun 2019 jumlahnya melebihi 160 ribu, namun pada periode yang sama 2020 turun di bawah 50 ribu saja.

Sandiaga memahami bahwa ini termasuk tugas dari Kemenparekraf. Ia bersama jajaran harus bisa memberikan bantuan relaksasi, insentif, memberikan sokongan dan apapun yang bisa dilakukan untuk memfasilitasi agar industri bisa bertahan.

"Dan tenaga kerja harus bisa tetap mendapatkan mata pencaharian. Saya korban PHK, saya merasakan sulitnya saat kita kehilangan pekerjaan dan mata pencaharian," ujarnya.

Kemenparekraf pun menurut Sandiaga tengah berupaya memperluas pemberian Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Tidak hanya pekerja di hotel dan restoran saja.

"BLT yang dimintakan memang berakhir di Desember 2020, tapi kita rencananya akan melanjutkannya dan akan diperluas agar tenaga kerja mampu bertahan hidup di tengah pandemi dan keterpurukan ekonomi. Ini harapan saya yang utama," tegasnya.

"Kami koordinator di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, kami akan berjuang sekuat kami untuk bisa memastikan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif ini bertahan dan justru mempersiapkan diri mengambil peluang pasca pandemi agar kita bisa mencetak pemenang di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif," tutup Sandiaga Uno.



Simak Video "Pesan Wishnutama ke Sandiaga: Tantangan ke Depan Luar Biasa!"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA