Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 11 Jan 2021 16:02 WIB

TRAVEL NEWS

Apa itu Black Box Pesawat, Fungsi, dan Cara Kerjanya?

Rosmha Widiyani
detikTravel
6 Fakta Penting Tentang Black Box Pesawat Terbang Yang Perlu Anda Ketahui
Foto: DW (SoftNews)/Apa itu Black Box Pesawat, Fungsi, dan Cara Kerjanya?
Jakarta -

Black Box pesawat adalah barang yang paling dicari dalam tragedi Sriwijaya Air SJ182. Seperti dalam kecelakaan pesawat terbang lainnya, black box akan menjawab kondisi dan kejadian sebelum terjadinya insiden.

Dikutip dari Deutsche Welle (DW), pentingnya black box pesawat sebetulnya tidak hanya saat terjadi kecelakaan. Data dalam black box adalah yang membantu mengetahui kondisi pesawat sebelum terjadi kecelakaan.

"Kami menerima black box pesawat hampir setiap minggu atau lebih. Analisa black box tidak hanya saat terjadi kecelakaan serius, tapi juga ketika ada insiden minor," kata juru bicara German Federal Bureau of Aircraft Accident Investigation (BFU) Jens Friedemann.

Dengan kemampuan membongkar misteri kecelakaan, pertanyaan seputar black box pesawat selalu menarik perhatian. Apalagi black box yang dalam bahasa Indonesia artinya kotak hitam ternyata berwarna orange terang.

Apa itu black box pesawat, fungsi, dan cara kerjanya?

1. Apa itu black box pesawat?

Black box pesawat adalah komponen yang terdiri atas Flight Data Recorder (FDR) dan Cockpit Voice Recorder (VCR). Rekaman black box berisi semua data terkait penerbangan dan komunikasi di kokpit pesawat yang sangat dilindungi layaknya memory card.

Ketika dikembangkan pertama kali, black box yang didesain dengan physical magnetic tape hanya diwarnai hitam. Pengecatan berfungsi melindungi logam, dan menghentikan karat. Black box ditempatkan dalam kotak tahan api.

2. Fungsi black box pesawat

Sebelumnya data dalam black box pesawat direkam dalam dua alat berbeda. Namun kini hanya menggunakan satu alat yang langsung berfungsi saat mesin pesawat nyala. FDR dalam black box pesawat adalah yang menyimpan data penerbangan, sedangkan VCR menyimpan percakapan pilot dengan kru atau menara pengawas.

Sebelum digunakan, daya tahan black box diuji lebih dulu supaya tidak mudah rusak saat terjadi kecelakaan. Black box harus tahan benturan dengan dinding beton di kecepatan 750 kilometer/jam, beban statis 2,25 ton selama lima menit, dan suhu 1.100 derajat Celcius selama satu jam.

Black box pesawat juga tahan rusak saat berada di kedalaman enam ribu meter. Jika terjadi kecelakaan, black box pesawat memancarkan sinyal hingga radius dua kilometer. Sinyal dipancarkan saat bersentuhan dengan air asin.

3. Cara kerja black box pesawat

Komponen black box pesawat langsung berfungsi saat mesin nyala dan merekam semua suara dalam kokpit. Cara kerja black box pesawat adalah merekam percakapan antar pilot, pengumuman komputer otomatis, radio traffic, diskusi dengan kru, dan pengumuman pada penumpang.

Pergantian suara, mesin, dan percakapan private juga terekam dalam black box. Karena itu, rekaman dalam black box pesawat harus dikerjakan dengan hati-hati untuk melindungi sumber data. Diskusi private hanya bisa dibuka untuk menjelaskan kecelakaan atau malfungsi mesin.

Saat ini hanya ada beberapa agensi di dunia yang mampu mengevaluasi black box pesawat. Tidak semua agensi bisa membuka rekaman dari berbagai model black box pesawat. BFU misalnya hanya bisa mengevaluasi model black box pesawat yang diproduksi Western dan Rusia.



Simak Video "CVR Sriwijaya Air SJ182 Masih Dicari, Fungsinya Apa?"
[Gambas:Video 20detik]
(row/pal)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA