Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 21 Jan 2021 10:02 WIB

TRAVEL NEWS

Joe Biden Disumpah dengan Alkitab Berumur Ratusan Tahun Milik Keluarga

President-elect Joe Biden and his wife Jill Biden arrive at the East Front of the U.S. Capitol ahead of Biden’s inauguration, Wednesday, Jan. 20, 2021, at the U.S. Capitol in Washington. ((Jim Lo Scalzo/Pool Photo via AP)
Biden disumpah dengan Alkitab ratusan tahun milik keluarga. Foto: AP Photo
Washington -

Pelantikan Joe Biden menjadi Presiden AS ke-46 membawa beberapa sejarah. Salah satunya adalah soal Alkitab tebal saat Biden mengucapkan sumpahnya.

Alkitab yang dipegang istri Biden, Jill Biden, terlihat sangat tebal. Dari catatan beberapa sumber, tebalnya mencapai kurang lebih 13 cm.

Ada cerita unik mengenai Alkitab tersebut. Alkitab itu ternyata umurnya sudah ratusan tahun, tepatnya 128 tahun. Alkitab itu sudah dimiliki oleh keluarga Biden secara turun temurun dan menjadi saksi bisu dari karir politik keluarga Biden. Alkitab sudah ada di keluarga Biden sejak tahun 1893 lalu.

Mengutip HuffPost, saat berbicara dalam program The Late Show dengan host Stephen Colbert, Biden menjelaskan sejarah Alkitab itu. "Alkitab itu sudah menjadi pusaka keluarga kami," ujar Biden.

Dengan Alkitab ratusan tahun itu, Biden mengambil sumpahnya sebagai senator. Ada foto Biden memegang Alkitab yang sama saat Biden disumpah sebagai senator di rumah sakit. Biden disumpah menjadi senator Delaware setelah terjadi kecelakaan yang merenggut nyawa istri dan anak perempuannya yang berumur 13 tahun pada 5 Januari 1973 lalu.

Biden saat itu tidak mau meninggalkan rumah sakit untuk menemani anaknya Beau Biden yang juga menjadi korban kecelakaan itu. Sehingga dia disumpah jadi senator di kamar rumah sakit.

Alkitab itu juga dipegang Biden saat menjadi wakil presiden AS mendampingi Barack Obama.

Beberapa dekade kemudian, Beau Biden menggunakan Alkitab yang sama saat dia disumpah sebagai jaksa agung wilayah Delaware. Namun karir politik Beau Biden terhenti karena dia meninggal setelah terkena kanker pada tahun 2015.

Joe Biden saat masih muda (situs resmi Joe Biden)Joe Biden saat masih muda (situs resmi Joe Biden) Foto: Joe Biden saat masih muda (situs resmi Joe Biden)

Joe Biden seakan mempertahankan tradisi Katolik Presiden AS yang menggunakan Alkitab keluarga saat pelantikan. Dulu presiden John F Kennedy juga menggunakan Alkitab milik keluarga saat pelantikannya.

Bagaimana dengan Wakil Presiden Kamala Harris? Harris mengambil sumpahnya dengan menggunakan dua Alkitab. Satu milik Hakim Agung Thurgood Marshall dan satu lagi milik Regina Shelton, yang sudah dianggap ibu kedua oleh Harris.

Melihat presiden-presiden sebelumnya, Warren G. Harding, Dwight D. Eisenhower, Jimmy Carter dan George H.W. Bush menggunakan Alkitab yang dipakai George Washington saat dilantik tahun 1789.

Sementara Presiden Barack Obama menggunakan Alkitab yang dimiliki oleh Martin Luther King Jr. dan Presiden Abraham Lincoln. Sementara Presiden Donald Tump menggunakan Alkitab miliknya yang diberikan oleh ibunya serta Alkitab Lincoln.



Simak Video " Ini Besaran Gaji Joe Biden Jadi Presiden AS"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA