Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 21 Jan 2021 20:31 WIB

TRAVEL NEWS

Pegawai Saung Angklung Udjo Bandung Kini Jadi Pedagang-Bertani

Wisma Putra
detikTravel
Pameran Lukisan Anak Indonesia digelar di Saung Angklung Udjo, Bandung. Acara yang diprakarsai Kao Indonesia ini berlangsung 19-25 Agustus 2019.
Ilustrasi Saung Angklung Udjo Bandung (Foto: Istimewa)
Bandung -

Pusat budaya, seni dan kerajinan di Bandung, Saung Angklung Udjo terancam gulung tikar. Pengelola terpaksa mengurangi pegawai dan mereka kini ada yang berdagang hingga bertani.

Akibat pandemi COVID-19 ini, banyak karyawan yang diputuskan kontraknya. Hal tersebut dibenarkan oleh Dirut Saung Angklung Udjo, Taufik Hidayat via sambungan telepon dengan detikTravel, Kamis (21/1/2021).

"Ada yang di rumahkan, ada yang work from home, ada yang berjualan, ada yang tani juga," ujarnya.

Saung Angklung Udjo terancam tutup. Obyek wisata di Kota Bandung, Jawa Barat ini terancam gulung tikar akibat terdampak pandemi COVID-19 dan telah dibenarkan oleh sang dirut.

Taufik mengungkapkan, obyek wisata yang berdiri sejak Tahun 1996 ini sangat terdampak oleh pandemi COVID-19. Sudah jarang pengunjung di tempat yang dikelolanya.

Biasanya, Saung Angklung Udjo Bandung ramai oleh wisatawan yang ingin mengenal budaya Sunda lebih dalam. Namun, oleh pemerintah, kegiatan di sana jadi sangat terbatas karena larangan berkumpul.

"Ya kan sudah umum, karena COVID-19. Maksudnya pengunjung sulit, karena regulasi pemerintah dan banyak faktor, ya saya maklum," tegas Taufik.

"Pemerintah melarang banyak berkumpul, sedangkan aktivitas kita basic-nya berkumpul, virtual ada tapi tidak cukup signifikan hasilnya," ungkapnya.

Ia menyebut, sejak pandemi COVID-19 melanda, pihak pengelola sangat terseok-seok untuk menjalankan bisnis Saung Angklung Udjo. "Sekarang-sekarang ini lebih parah," sebutnya.

Sebelumnya, kabar penutupan Saung Angklung Udjo itu pertama kali berhembus di dunia maya. Tepatnya lewat cuitan dari pengguna Twitter bernama angope pada hari Kamis (21/1) yang menghembuskannya.



Simak Video "Imbas Pandemi, Saung Angklung Udjo Bandung Setop Pertunjukan"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA