Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 26 Jan 2021 14:10 WIB

TRAVEL NEWS

Curiga UEA Main-main Tes Corona, Denmark Tutup Pintu Penerbangan dari Dubai

Femi Diah
detikTravel
Copenhagen, Denmark on the Nyhavn Canal.
Ilustrasi Denmark (Getty Images/iStockphoto/SeanPavonePhoto)
Kopenhagen -

Denmark menangguhkan penerbangan dari Uni Emirat Arab (UEA) selama lima hari sejak akhir pekan lalu. Ada kecurigaan UEA tidak serius memeriksa penumpang terkait virus Corona.

Dikutip dari AFP, Senin (25/1/2021), kecurigaan itu diungkapkan oleh Menteri Transportasi Benny Engelbrecht. Dalam aturannya, penumpang dari Dubai yang masuk ke Denmark wajib menunjukkan hasil negatif tes virus Corona sejak 24 jam sebelumnya.

"Semua penerbangan komersial dari Uni Emirat Arab dibatalkan selama lima hari," kata Benny dalam sebuah pernyataan.

"Denmark bakal menyediakan waktu untuk memastikan bahwa tes negatif yang disyaratkan adalah pemeriksaan yang benar yang telah dilakukan dengan benar," dia menambahkan.

Larangan penerbangan dari Dubai ke Denmark itu berlaku dari Jumat pekan lalu hingga Rabu pekan ini. Selama periode itu, Denmark tidak akan menerima penumpang dari UEA kendati telah mengantongi hasil tes negatif COVID-19.

Dubai memang tetap membuka wisata saat pandemi virus Corona ini. Sebelumnya, satu orang yang pernah tinggal di Dubai dinyatakan positif varian baru virus Corona dari 283 kasus varian Inggris.

Termasuk sejumlah pesohor asal Denmark termasuk yang melancong ke Dubai. Sampai-sampai Perdana Menteri Mette Frederiksen mengeluarkan teguran setelah beberapa selebriti Denmark mengunjungi UEA.

"Apa yang terjadi saat Anda bepergian saat ini adalah Anda berisiko membawa pulang mutasi virus Corona ke Denmark, yang membantu melemahkan kendali kami terhadap epidemi," katanya.

Denmark memberlakukan pembatasan ketat pada akhir Desember untuk memerangi lonjakan kasus. Sebab, para petinggi negara itu khawatir akan munculnya varian baru COVID-19 yang menyebar cepat.

Kementerian luar negeri UEA segera merespons keputusan Denmark itu. Kemenlu UEA bersikukuh semua pusat pengujian COVID-19 untuk penumpang pesawat telah terakreditasi dan secara menjalani pemeriksaan kualitas yang ketat secara teratur.

"Hukuman berat dikenakan bagi ketidakpatuhan terhadap standar internasional untuk memastikan tingkat kualitas tertinggi dalam pengujian," tulis Kemenlu UEA.



Simak Video "Puluhan Ribu Orang Hadiri Konser di Kopenhagen"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA