Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 28 Jan 2021 13:27 WIB

TRAVEL NEWS

Ini Tahapan Perawatan Pesawat Citilink Sebelum Diterbangkan

Putu Intan
detikTravel
Citilink Airbus A-320 Banyuwangi
Foto: (Ardian Fanani/detikTravel)
Jakarta -

Sebelum pesawat diterbangkan, maskapai Citilink melakukan sejumlah perawatan rutin untuk menjaga keamanan penerbangan. Inilah tahapannya.

Seluruh kendaraan membutuhkan perawatan (maintenance) agar mampu beroperasi dengan baik selama perjalanan. Tak terkecuali pesawat terbang yang memiliki sistem perawatan kompleks dan harus dilakukan secara disiplin.

Salah satu maskapai di Indonesia yakni Citilink menyampaikan kepada detikcom seputar perawatan pesawat yang mereka lakukan. Hal itu disampaikan VP Engineering & Maintenance PT Citilink Indonesia Azwar Anas melalui zoom meeting beberapa saat lalu.

"Pada dasarnya moda transportasi baik darat maupun udara, memiliki beragam kegiatan inspeksi secara rutin yang selalu kami jalankan. Inspeksi ini dilakukan baik dari sisi interval, dari sisi kegiatan, dari sisi yang harus dikerjakan, dan kapan harus dikerjakan," kata Anas.

Pesawat Citilink di Bandara Soekarno HattaFoto: Ari Saputra

Adapun dalam pelaksanaan perawatan tersebut, terdapat standar yang sudah ditentukan oleh regulator yakni Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKKPU) Kementerian Perhubungan. Standar itu diatur dalam PP Nomor 3/2001 yang mengatur seputar keamanan dan keselamatan penerbangan.

Dari aturan itu, pesawat harus memiliki sertifikat perusahaan perawatan pesawat udara yaitu tanda bukti terpenuhinya standar dan prosedur dalam perawatan pesawat, mesin pesawat, baling-balik pesawat, dan komponen-komponen lain oleh suatu perusahaan perawatan.

Di samping berpatokan pada standar dari Kemenhub, Anas juga menyampaikan bahwa perawatan Citilink juga mengikuti standar internasional yang dikeluarkan Badan Keamanan Penerbangan Eropa (EASA) dan Administrasi Penerbangan Federal (FAA) dari Amerika Serikat.

Klasifikasi dan tahapan perawatan pesawat

Salah satu pesawat baru maskapai Citilink, Airbus A320 melakukan special flight dari Jakarta ke Bali, Senin (27/5/2013). Pesawat tersebut akan melengkapi armada Airbus A320 yang telah mencapai 22 unit. Citilink akan terus menambah pesawat Airbus A320 hingga 50 unit pada tahun 2015. File detikFoto.Foto: Ari Saputra

Anas menjelaskan, perawatan pesawat dibedakan menjadi line maintenance dan base maintenance. Secara sederhana, pembeda kedua jenis perawatan ini adalah dengan perlu atau tidaknya hanggar.

"Line maintenance dan inspeksi tidak memerlukan hanggar. Kemudian base maintenance memerlukan aktivitas hanggar," kata Anas.

Line maintenance ini dapat dilakukan di bandara yang dilakukan sebelum pesawat berangkat. Pada saat ini dilakukan inspeksi-inspeksi ringan.

"Line maintenance dilakukan before departure check, jadi sebelum pesawat dioperasikan, kita memastikan semua sistem pesawat baik dari sisi eksterior maupun interior berfungsi dengan baik," Anas menjelaskan.

Selain itu, ada pula pengecekan pesawat setiap 24 jam. Ini dikerjakan pada saat malam hari, setelah pesawat wara-wiri seharian dan sebelum diberangkatkan kembali keesokan harinya. Setelah itu ada lagi pengecekan setiap 48 jam dan mingguan atau setiap 7 hari.

Selanjutnya: base maintenance

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA