Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 10 Feb 2021 21:08 WIB

TRAVEL NEWS

Inggris Bangun Bandara Pertama Buat... Mobil Terbang!

Bonauli
detikTravel
Bandara mobil terbang pertama dunia
Bandara mobil terbang pertama di dunia (Hyundai Motor Group)
Coventry -

Di tengah keriuhan Covid-19, Inggris membangun sebuah bandara. Tapi ini bukan bandara biasa, ini khusus untuk mobil. Lho kok? Dilansir dari World Economic Forum, bandara ini akan diberi nama Air-One. Terdengar seperti cerita fiksi ilmiah di film-film, bandara ini dikhususkan untuk mobil terbang.

Akan jadi bandara pertama dunia buat mobil terbang, Air-One sedang disiapkan untuk dibangun di dekat kota Coventry, Inggris. Rencananya bandara ini akan siap untuk bulan November.

Bandara ini akan dijadikan bandara pop-up saja alias sementara. Fasilitas Air-One akan dibuka hanya untuk satu bulan.

Pembangunan ini merupakan kolaborasi antar lembaga pemerintah, bisnis sektor swasta dan industri penerbangan. Air-One telah dikembangkan oleh Urban Airport dengan keterlibatan Divisi Mobilitas Udara Perkotaan dari Grup Motor Hyundai dan Dewan Kota Coventry.

Bandara ini akan menjadi bukti dari konsep hub tanpa ada emisi untuk moda perjalanan masa depan. Kendaraan lepas landas dan mendarat vertikal (eVTOL) listrik disarankan sebagai cara untuk mengurangi kemacetan dan mengurangi emisi karbon.

"Mobil membutuhkan jalan raya, kereta membutuhkan rel, pesawat membutuhkan bandara. eVTOL akan membutuhkan Urban Air Port. Dulu mobil terbang adalah mewah dan futuristik. Air One akan menghadirkan transportasi udara perkotaan yang bersih kepada massa dan melepaskan dunia baru mobilitas tanpa emisi," ujar Ricky Sandhu, pendiri dan ketua eksekutif Urban Air Port.

Tak hanya mobil terbang, nantinya bandara ini juga digunakan bagi drone. Meski saat ini tak ada mobil terbang di Inggris, tapi fasilitas ini begitu menarik minat perusahaan logistik.

Penggunaan drone udara sendiri sering jadi masalah karena pengoperasiannya berada di daerah padat penduduk. Teknologi ini terbukti berguna sebagai cara mengangkut barang antara pusat transportasi dan drone kargo besar yang diproduksi oleh Malloy Aeronautics.

"Pesawat eVTOL lebih tenang, lebih ringan, lebih murah dan lebih ramah lingkungan dari pada helikopter," lanjutnya.

Idenya adalah bahwa kendaraan semacam itu dapat memungkinkan orang melakukan perjalanan jarak pendek melintasi perkotaan dan menghilangkan tekanan dari jaringan transportasi yang padat.

"Kami sudah menjadi kota yang membantu membentuk masa depan transportasi masa depan dan ini adalah salah satu proyek terobosan yang menempatkan Coventry di gari depan teknologi terbaru," puji Anggota Dewan Kota Coventry, Jim O'Boyle.



Simak Video "Keseriusan Jepang Wujudkan Proyek Mobil Terbang"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA