Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 14 Feb 2021 21:24 WIB

TRAVEL NEWS

Saat Menara Jam Mekah Sambut Bulan Rajab

Ilustrasi masjidil haram, mekkah al-mukaromah
Makkah Royal Clock Tower Foto: Rachman Haryanto
Mekah -

Sabtu 13 Februari bertepatan dengan 1 Rajab, bulan yang memiliki keistimewaan bagi umat Islam. Kota Mekah pun punya cara unik untuk menandai masuknya bulan Rajab.

Mengutip situs Haramain Sharifain, menara jam besar di dekat Ka'bah, yang disebut Makkah Royal Clock Tower, memancarkan sinar hijau dan biru pada malam hari menjelang 1 Rajab.

The clock tower signals the entry into the month of Rajab tonight ‏اللهم بلغنا رمضان

Posted by Haramain Sharifain on Friday, 12 February 2021

Unggahan ini kemudian dibalas netizen lain dengan memperlihatkan foto Makkah Royal Clock Tower yang memancarkan sinar biru dari berbagai sudut kota Mekah.

Jam berukuran raksasa ini pastinya selalu menarik perhatian jemaah baik jemaah umroh maupun haji. Makkah Royal Clock Tower memiliki ketinggian 600 meter dan menyingkirkan London Big Ben sebagai menara jam tertinggi di dunia.

Menara ini juga 4 sisi yang terlihat sangat besar. Diameternya mencapai 40 meter dan lebih besar dari jam terbesar di dunia sebelumnya, Istanbul Cevahir di Turki.

Di bulan Rajab, umat Islam biasanya melakukan puasa sunnah. Rajab termasuk satu dari empat bulan suci dalam Islam selain Ramadhan.

Empat bulan suci itu tiga di antaranya berurutan, yakni Dzulqa'dah, Dzulhijjah, dan Muharram. Sedang satu bulan terpisah yakni Rajab. "Bulan-bulan ini adalah yang paling utama untuk diisi dengan puasa setelah bulan Ramadhan. Di antara keempat bulan ini, yang paling utama adalah Muharram lalu Rajab," tulis Prof. Syekh Wahbah Az Zuhaili dalam Kitab Fiqhul Islam wa Adillathuhu.

Adapun jadwal puasa bulan Rajab lengkap adalah sebagai berikut:

- Puasa Senin : 15 Februari, 22 Februari 2021, 1 Maret dan 8 Maret
- Puasa Kamis : 18 Februari, 25 Februari 2021, 4 Maret dan 11 Maret
- Puasa ayyamul bidh 13-15 Rajab : 25-27 Februari 2021

Ada beberapa keutamaan dalam menjalankan puasa Rajab salah satunya seperti dalam sabda Rasulullah SAW, "Barangsiapa berpuasa pada bulan Rajab sehari maka laksana ia puasa selama sebulan." (HR. At-Thabrani).

Ibnu Abbas R.A bekata, "Puasa di awal bulan Rajab dapat menghapus dosa (kafarat) selama 3 tahun, di hari kedua menjadi kafarat selama 2 tahun, di hari ketiga menjadi kafarat selama 1 tahun, kemudian di setiap hari sesudah itu menjadi kafarat selama 1 bulan." (HR. Abu Muhammad Al-Khalali, dimuat dalam kitab Jami'Ush-Shaghir).



Simak Video " Jadwal Puasa Rajab, Bacaan Niat dan 6 Keutamaannya"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA