Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 16 Feb 2021 16:46 WIB

TRAVEL NEWS

Doa Safar Lengkap dengan Artinya untuk Dibaca Saat Bepergian

Lusiana Mustinda
detikTravel
ilustrasi berdoa
Foto: Getty Images/AleksandarGeorgiev
Jakarta -

Safar dalam bahasa Arab artinya melakukan perjalanan. Sedangkan orang yang melakukan safar disebut dengan musafir.

Doa safar diyakini dapat membuat hati kita tenang selama perjalanan. Doa ini bisa dibaca ketika bepergian dengan kendaraan laut, darat dan juga udara.

Ada sebuah hadits yang menjelaskan tentang orang yang melakukan safar. Hal ini tertuang dalam hadits:

ثَلَاثُ دَعَوَاتٍ مُسْتَجَابَاتٌ لَا شَكَّ فِيهِنَّ: دَعْوَةُ الْمَظْلُومِ، وَدَعْوَةُ الْمُسَافِرِ، وَدَعْوَةُ الْوَالِدِ عَلَى وَلَدِهِ

Artinya: "Tiga waktu yang diijabah (dikabulkan) doa yang tidak diragukan lagi yaitu: (1) doa orang yang terdzolimi, (2) doa seorang musafir, (3) doa orangtua pada anaknya" (HR. Ahmad, At Tirmidzi).

Membaca doa ketika sedang melakukan perjalanan dapat membuat hati tenang dan selalu berada dalam lindungan Allah SWT. Allah SWT berfirman dalam surat Az-Zukhruf ayat 13:

لِتَسْتَوُۥا۟ عَلَىٰ ظُهُورِهِۦ ثُمَّ تَذْكُرُوا۟ نِعْمَةَ رَبِّكُمْ إِذَا ٱسْتَوَيْتُمْ عَلَيْهِ وَتَقُولُوا۟ سُبْحَٰنَ ٱلَّذِى سَخَّرَ لَنَا هَٰذَا وَمَا كُنَّا لَهُۥ مُقْرِنِينَ

Artinya: "Supaya kamu duduk di atas punggungnya kemudian kamu ingat nikmat Tuhanmu apabila kamu telah duduk di atasnya; dan supaya kamu mengucapkan: "Maha Suci Tuhan yang telah menundukkan semua ini bagi kami padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya,"

Adapun doa safar seperti yang diriwayatkan dari Anas bin Malik radhiyallahu'anhu, Rasulullah SAW bersabda:

إِذَا خَرَجَ الرَّجُلُ مِنْ بَيْتِهِ فَقَالَ بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ، قَالَ: يُقَالُ حِينَئِذٍ: هُدِيتَ، وَكُفِيتَ، وَوُقِيتَ، فَتَتَنَحَّى لَهُ الشَّيَاطِينُ، فَيَقُولُ لَهُ شَيْطَانٌ آخَرُ: كَيْفَ لَكَ بِرَجُلٍ قَدْ هُدِيَ وَكُفِيَ وَوُقِيَ؟


"Apabila seseorang keluar dari rumahnya kemudian dia membaca doa: bismillaahi tawakkaltu 'alallahi laa haula walaa quwwata illaa billah (dengan menyebut nama Allah, yang tidak ada daya tidak ada kekuatan kecuali atas izin Allah), maka dikatakan kepadanya, 'Kamu akan diberi petunjuk, kamu akan dicukupi kebutuhannya, dan kamu akan dilindungi'. Seketika itu setan-setan pun menjauh darinya. Lalu salah satu setan berkata kepada temannya, 'Bagaimana mungkin kalian bisa mengganggu orang yang telah diberi petunjuk, dicukupi, dan dilindungi (oleh Allah)'" (HR. Abu Daud no. 5095, At Tirmidzi no. 3426; dishahih oleh Al-Albani dalam Shahih Abu Daud).

Itulah doa safar yang bisa dibaca ketika melakukan perjalanan dengan kendaraan.



Simak Video "Kemenkes Ungkap Efektivitas Karantina Pelaku Perjalanan Internasional"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA