Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 24 Feb 2021 21:02 WIB

TRAVEL NEWS

Lihat Video Unta Ngadem di Gurun Akibat Turun Salju di Arab

Salju di Kota Tabab, Arab Saudi
Salju di Arab Saudi Foto: ABC
Tabuk -

Fenomena salju yang turun di Arab Saudi menjadi pembicaraan banyak orang. Momen langka yang baru terjadi bulan Februari ini sampai membuat orang dari luar Arab Saudi berdatangan.

Di Twitter berseliweran video unta yang terlihat bengong saat salju turun. Dalam video yang dibagikan oleh Koresponden The National Joyce Karam, terlihat unta yang duduk-duduk saja kala salju turun.

"Wah, salju lebat turun di Tabuk, Arab Saudi. Unta-unta ini terlihat kebingungan," cuitnya yang dikutip media Independent.




Dalam video itu ada pria yang berbicara dalam bahasa Arab.

"Semua apa yang Allah kehendaki dan semoga Allah memberkahi, semoga kalian semua dalam keadaan baik pagi ini, hari Kamis tanggal 6 Rajab 1442 (Kamis 18 Februari) telah nampak, kalian bisa perhatikan. Berkunjung lah ke tempat ini. Semoga Allah menurunkan (hujan salju) ini dengan manfaat," ujar pria yang tidak teridentifikasi namanya.

Ini bukan pertama kalinya salju turun di Arab Saudi. Tahun 2020 lalu salju turn pada bulan Januari di wilayah Tabuk. Salju saat itu disebabkan oleh badai yang sangat kuat dari Eropa selatan dan wilayah Mediterania menuju Timur Tengah. Kondisi ini menarik udara dingin dan menghasilkan hujan salju.

Kemudian bulan November lalu, terjadi perubahan cuaca ekstrem yang menyebabkan sebagian gurun Arab Saudi mengalami suhu di bawah nol derajat. Perubahan suhu itu juga diikuti oleh turunnya salju dan banjir.

Salju pertama kali dilaporkan di bagian utara Arab Saudi pada tanggal 23 November 2016. Pada tanggal 25 November 2016, suhu mencapai -4 derajat Celcius di kawasan Turaif, wilayah perbatasan utara. Dan terdapat lapisan saju di wilayah tengah dan timur laut.

Perubahan suhu yang musiman ini ternyata juga disertai dengan hujan dan kilat. Fenomena alam ini pun menyebabkan banjir dan dilaporkan terdapat 7 orang yang meninggal karena banjir.

PAda tanggal 22 Desember 2016, salju juga turun di Palestina, Suriah dan bagian negara lain di Timur Tengah. Walau tidak terjadi setiap tahun, namun terkadang fenomena salju tetap mengejutkan dunia.

Rentetan peristiwa di atas membuktikan bahwa salju bukanlah hal baru bagi kawasan Arab Saudi. Pada Januari 2016, salju turun di Mekah dan Madinah untuk pertama kalinya setelah 85 tahun.



Simak Video "Kedubes Arab Saudi di Belanda Ditembaki!"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA