Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 01 Mar 2021 10:02 WIB

TRAVEL NEWS

Alhamdulillah, Zona Merah Turun Drastis, DKI Jakarta-Jatim Bebas

A health care professional prepares a Pfizer-BioNTech COVID-19 vaccine at Sheba Tel Hashomer Hospital in Ramat Gan, Israel, Tuesday, Jan. 12, 2021. Israel has struck a deal with Pfizer, promising to share vast troves of medical data with the drugmaker in exchange for the continued flow of its COVID-19 vaccine. Critics say the deal is raising major ethical concerns, including possible privacy violations and a deepening of the global divide between wealthy countries and poorer populations, including Palestinians in the occupied West Bank and Gaza, who face long waits to be inoculated. (AP Photo/Oded Balilty)
Vaksinasi juga disebut pemerintah berhasil menurunkan tingkat penularan Foto: AP/Oded Balilty
Jakarta -

Satgas Penanganan COVID-19 memperbarui data peta risiko COVID-19 di Indonesia. Kabar baiknya, daerah yang masuk risiko tinggi atau zona merah sudah menurun drastis menjadi 16 kabupaten/kota saja.

Mengutip situs COVID-19.go.id, Senin (1/3/2021) per 21 Februari 2021 zona merah di Indonesia menjadi 16 daerah. Turun dibanding periode 14 Februari yang mencapai 44 daerah kabupaten/kota. Itu berarti ada 28 daerah yang terbebas dari zona merah.



Daerah yang memiliki zona merah terbanyak ada di Provinsi Bali sebanyak 4 kabupaten dan kota. Bali sebelumnya punya 6 kabupaten/kota yang masuk zona merah.

Di urutan kedua ada Jawa Tengah. Namun jika periode sebelumnya ada 8 daerah di Jateng yang masuk zona merah kini berkurang menjadi 3 kabupaten/kota saja.

Disusul Kalimantan Tengah dan DI Yogyakarta dengan 2 daerah yang masuk zona merah. Daerah dengan populasi besar lain seperti DKI Jakarta, Jawa Timur yang di periode sebelumnya masih ada zona merah kini sudah tidak memiliki daerah zona merah.

Berikut data lengkap zona merah Corona per 21 Februari 2021:

Sulawesi Selatan
Kota Palopo

Nusa Tenggara Timur
Kota Kupang

Nusa Tenggara Barat
Kota Mataram

Kalimantan Tengah
Gunung Mas
Kota Palangkaraya

Kalimantan Selatan
Kota Baru

Jawa Tengah
Banyumas
Purbalingga
Klaten

Jawa Barat
Kota Bekasi

DI Yogyakarta
Kulon Progo
Bantul

Bali
Kota Denpasar
Badung
Gianyar
Bangli

Namun sebagai catatan daerah yang masuk zona risiko sedang atau oranye masih banyak yakni 389 kabupaten/kota atau 75,68 persen. Seperti pernah disampaikan juru bicara Satgas COVID-19, Wiku Adisasmito, daerah di zona oranye kalau tidak waspada bisa saja kembali ke zona merah.

Penurunan zona merah seiring tren penurunan kasus positif di Indonesia, rata-rata kasus harian di Indonesia kini berkisar antara 8.000 kasus. Per 28 Februari kemarin ada sebanyak 5.560 kasus baru COVID-19 dilaporkan pemerintah. Pemerintah mengklaim PPKM Mikro efektif mengurangi tingkat penularan Corona. Begitu juga dengan vaksinasi yang masih dilakukan cukup menekan penularan virus Corona.

Namun meski ada penurunan zona merah Corona dan tingkat penularan, tetap waspada ya travelers, tetap patuhi protokol kesehatan.



Simak Video "Bukti Tingkat Kepatuhan Bermasker Warga Tasik Rendah"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA