Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 10 Mar 2021 11:44 WIB

TRAVEL NEWS

Lupakan Ayam Taliwang, Ini 5 Makanan Khas Lombok

Sayur Ares
Sayur Ares di Lombok (Faidah Umu Sofuroh/detikcom)
Jakarta -

Satu hal yang wajib dilakukan saat berkunjung ke Pulau Seribu Masjid adalah mencicipi makanan lokal.

Makanan khas Lombok terkenal akan bumbunya yang berani dan menggunakan bahan-bahan lokal nan segar. Ayam Taliwang dan Plecing Kangkung mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda. Namun, deretan makanan khas Lombok ini begitu unik dan mungkin belum pernah Anda dengar sebelumnya.

1. Bebalung kuda

Makanan khas Lombok ini sekilas mirip dengan gulai sapi. Namun ternyata, bahan baku untuk membuat makanan ini adalah daging kuda. Masyarakat setempat pun percaya bahwa hidangan ini mampu mengobati penyakit malaria. Bebalung kuda pun jarang ditemukan di luar Pulau Lombok.

2. Sayur ares

Hidangan berkuah ini pun menjadi salah satu makanan khas Lombok yang unik. Bukan terbuat dari daun atau umbi, makanan khas Lombok ini terbuat dari pelepah pisang. Pelepah yang digunakan pun harus berasal dari pohon pisang kapok atau pisang raja. Cita rasanya mirip dengan kuah kari, namun tekstur pelepah pisang membuatnya lebih istimewa.

3. Beberuk terong

Untuk Anda yang menyukai rasa segar, makanan khas Lombok ini wajib dicoba. Beberuk terong biasanya disajikan sebagai pendamping nasi dan lauk. Terong hijau yang renyah diaduk bersama cabai, bawang, kencur, terasi, dan perasan jeruk limau yang segar. Tentu makan nasi menjadi semakin sedap dengan sajian ini.

4. Sate tanjung

Tidak seperti sate Madura atau sate Padang, sate Tanjung tidak disajikan bersama bumbu. Bahan dasarnya adalah daging ikan serta bumbu-bumbu yang membuatnya sedap dan tidak amis.Sekilas, tampilannya mirip dengan sate lilit khas Bali. Segarnya daging ikan laut yang digunakan membuat cita rasanya segar dan bikin ketagihan.

5. Sate rembiga

Pecinta makanan pedas wajib mencicipi makanan khas Lombok yang satu ini. Sama seperti sate tanjung, sate rembiga juga disajikan tanpa bumbu. Jangan khawatir, daging sapi yang digunakan untuk sate rembiga sudah dibumbui dengan rasa pedas dan gurih yang nikmat. Sebelum dibakar, sate rembiga sudah dimarinasi dan ditumbuk agar teksturnya empuk.

Jika Anda berminat mengambil paket bulan madu Lombok untuk liburan bersama pasangan, jangan lupa untuk memasukkan makanan khas Lombok di atas dalam jadwal wisata kuliner.



Simak Video "Pais Ikan Belibis, Kuliner Berbungkus Daun Talas Asal Lombok"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA