Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 15 Mar 2021 21:40 WIB

TRAVEL NEWS

Duh, Bandara Arab Saudi Diserang Tembakan Bom Drone

A Saudi security officer walks past the Saudi Arabias Abha airport, after it was attacked by Yemens Houthi group in Abha, Saudi Arabia June 13, 2019. REUTERS/Faisal al Nasser
Bandara Abha tahun 2019 lalu juga sempat diserang Foto: REUTERS/Faisal al Nasser
Riyadh -

Pemberontak Houthi di Yaman telah menembakkan drone bersenjata ke bandara dan pangkalan udara di selatan Arab Saudi. Koalisi pimpinan Saudi menyatakan telah mencegat drone tersebut.

Dikutip dari Reuters, Senin (15/3/2021), Juru bicara militer Houthi, Yaha Saera mengungkapkan bahwa tiga drone telah ditembakkan ke sasaran militer di Bandara Abha Arab Saudi dan juga pangkalan udara Raja Khalid di kota Selatan, Khamis Mushait. Dia menyatakan bahwa target telah diserang.

Tak ada konfirmasi langsung dari Saudi bahwa lokasi-lokasi tersebut diserang. Namun, koalisi mengatakan bahwa mereka telah mencegat pesawat tak berawak Houthi itu pada saat ditembakkan ke arah Khamis Mushait.

Serangan Houthi ke Arab Saudi ini telah meningkat dalam beberapa pekan terakhir. Melansir CNBC Indonesia, pada bulan lalu Houthi juga sempat menyerang bandara, namun berhasil diantisipasi oleh militer Arab Saudi.

Houthi diketahui memiliki amarah yang tinggi dengan Arab Saudi. Mereka tercatat beberapa kali menyerang fasilitas minyak milik negara tersebut.

Pada 4 Maret lalu, drone milik Houthi pun berhasil menyerang fasilitas minyak milik Saudi Aramco di Ras Tanura. Yahya Saree mengklaim bahwa pemberontak yang menghantam dengan rudal Quds-2 buatan Iran pada subuh hari yaitu sebagai pembalasan atas kampanye militer yang dipimpin oleh Arab Saudi di Yaman.

Tak hanya fasilitas kilang minyak, tapi Houthi juga pernah membombardir kapal-kapal tanker yang pernah berlabuh di pelabuhan-pelabuhan Arab Saudi. Pada Desember 2020, sebuah kapal tanker minyak MV BW Rhine berbendera Singapura diledakkan di lepas pantai kota pelabuhan Saudi.



Simak Video "Kondisi Bandara Yaman Usai Terjadi Ledakan"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA