Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 22 Mar 2021 17:10 WIB

TRAVEL NEWS

Heboh Dewa Kipas Vs GM Irene Sukandar, Ini Sejarah Olahraga Catur

BEVERWIJK, NETHERLANDS - JANUARY 27:  A detailed view of the board and pieces including the Queen, King, Knight, Bishop, Rook and Pawn during the 83rd Tata Steel Chess Tournament held in Dorpshuis De Moriaan on January 27, 2021 in Wijk aan Zee, Netherlands (Photo by Dean Mouhtaropoulos/Getty Images)
Sejarah catur Foto: (Getty Images/Dean Mouhtaropoulos)
Jakarta -

Nama olahraga catur mendadak naik daun akibat Dewa Kipas dan GM Irene Sukandar. Biar makin paham, ini sejarah olahraga catur.

Buntut perselisihan Dewa Kipas dengan GothamChess (Levy Rozman) di aplikasi catur virtual chess.com memasuki babak baru. Grandmaster catur Indonesia Irene Sukandar sampai ikut turun tangan untuk menguji kemampuan sang Dewa Kipas yang memiliki nama asli Dadang Subur.

Puncaknya, keduanya bertemu hari ini dan melakukan pertandingan persahabatan pada pukul 15.00 WIB. Difasilitasi oleh Youtuber kondang Deddy Corbuzier, pemenang dari pertandingan persahabatan itu akan dihadiahi uang Rp 200 juta dan Rp 100 juta bagi yang kalah. Dewa Kipas harus mengakui kekalahan 3-0.

Adu Catur Dadang Subur alias Dewa Kipas VS GM Irene Kharisma SukandarAdu Catur Dadang Subur alias Dewa Kipas VS GM Irene Kharisma Sukandar Foto: (Youtube/Deddy Corbuzier)

Mungkin ada di antara traveler yang tengah menyaksikan laga antar kedua pecatur itu. Sambil menonton, tak ada salahnya kita mengenal olahraga taktis yang satu ini.

Dikumpulkan detikTravel dari berbagai sumber, Senin (22/3/2021), sejarah olahraga catur dapat ditelusuri hingga 1500 tahun silam. Walau masih belum jelas siapa penemunya, tapi olahraga catur disebut berasal dari India.

Sekitar abad ke-6 dan ke-7, di India hadir seseorang dengan nama chaturanga. Diketahui, chaturanga merupakan seorang pemain game perang yang disebut membangun fondasi untuk permainan catur di masa modern.

Dari India, permainan yang nantinya menjadi catur itu menyebar ke Persia. Dari yang awalnya bernama rajah dalam bahasa sanskrit, berganti nama jadi shah. Dari Persia, permainan itu menyebar ke Eropa dan berganti nama kembali jadi chess dan check (dari bahasa Prancis echec) di abad ke-15.

Di Eropa, permainan catur berkembang jadi apa yang disebut romantic chess dari abad ke-15 hingga 1880. Baru di abad ke-19, permainan catur modern mulai berkembang.

BEVERWIJK, NETHERLANDS - JANUARY 27:  A detailed view of the board and pieces including the Queen, King, Knight, Bishop, Rook and Pawn during the 83rd Tata Steel Chess Tournament held in Dorpshuis De Moriaan on January 27, 2021 in Wijk aan Zee, Netherlands (Photo by Dean Mouhtaropoulos/Getty Images)Ilustrasi catur (Getty Images/Dean Mouhtaropoulos)

Tercatat, turnamen catur dunia pertama digelar pada tahun 1886. Baru di tahun 1997, Federasi Catur Dunia atau FIDE diciptakan untuk memfasilitasi para pecatur dunia.

Diketahui, ajang turnamen catur dunia itu masih dilangsungkan hingga saat ini di bawah FIDE. Juara dunia atau pecatur terbaik kini berasal dari Norwegia, Magnus Carlsen.

Ia pertama kali merebut status sebagai pecatur terbaik dunia setelah mengalahkan Viswanathan Anan di tahun 2013 silam. Setelah itu, Magnus berhasil mempertahankan gelarnya selama tiga kali di tahun 2014, 2016 dan 2018.

Sejatinya, kejuaraan dunia catur berikutnya digelar pada tahun 2020 silam. Hanya akibat pandemi COVID-19, ajang bergengsi itu wacananya diundur jadi tahun ini.



Simak Video "Dewa Kipas Kalah, GothamChess Buka Akses YouTube bagi Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA