Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 24 Mar 2021 07:10 WIB

TRAVEL NEWS

Kocak! Topeng Emas Kuno China Dipakai Ultraman dan Hello Kitty

Syanti Mustika
detikTravel
Topeng Emas Berusia 3.000 Tahun Jadi Meme di China
Foto topeng emas kuno yang menjadi trending (dok Weibo)
Jakarta -

Netizen memang kreatif soal membuat meme yang mengocok perut. Seperti di China, topeng emas kuno menjadi bulan-bulanan netizen.

Diberitakan BBC, Rabu (24/3/2021), topeng emas berusia 3.000 tahun itu menjadi bintang di Weibo atau Twitter ala China. Artefak itu adalah salah satu dari 500 peninggalan zaman perunggu yang ditemukan di situs arkeologi Sanxingdui.

Para ahli mengatakan penemuan itu bisa memberikan wawasan baru tentang negara bagian Shu kuno, yang menguasai daerah itu sebelum 316 SM.

Topeng misterius itu tidak hanya menggemparkan dunia arkeologi saja, namun internet bikin tambah heboh. Netizen menggunakan jemari mereka untuk membuat meme dari topeng emas kuno ini.

Setelah kumpulan penemuan terbaru diumumkan pada hari Sabtu lalu, pengguna platform Weibo mulai membuat kreasi dengan gambar yang melapiskan topeng di wajah tokoh budaya pop. Ada yang menempelkannya di wajah Ultraman, panda, bahkan ada yang menghubungkannya dengan karakter Hello Kitty.

Topeng Emas Berusia 3.000 Tahun Jadi Meme di ChinaTopeng Emas Berusia 3.000 Tahun Jadi Meme di China Foto: (dok Weibo)

Tagar 'Kompetisi pengeditan foto topeng emas Sanxingdui' pun menjadi topik paling diperbincangkan. Foto itu juga dilihat hampir 4 juta kali.

Tagar itu sampai melahirkan banyak unggahan karena netizen mencuit berbagai komentar soal topeng yang memukau dan indah ini. Tak ketinggalan juga para pejabat di Museum Sanxingdui, salah satu situs arkeologi terpenting di China yang juga ikut bersenang-senang.

"Selamat pagi, kita baru bangun tidur, rupanya semua orang sibuk melakukan photoshopping?" kata museum dalam posting Weibo baru-baru ini sambil berbagi pandangannya tentang meme itu.

Museum juga merilis video musik animasi yang dibintangi topeng ini dan artefak lainnya. Serta lagu rap yang dibuat oleh pembawa acara TV yang memuji 'kecerdasan' peradaban kuno pun menjadi viral.

Topeng Emas Berusia 3.000 Tahun Jadi Meme di ChinaTopeng Emas Berusia 3.000 Tahun Jadi Meme di China Foto: (dok Weibo)

Ini bukan pertama kalinya artefak China menarik perhatian pengguna media sosial, lho. Di bulan Agustus tahun lalu, peninggalan lain ditemukan menyerupai karakter babi dalam video game populer Angry Birds.

Selain topeng emas kuno, para arkeolog di Sanxingdui telah menemukan potongan perunggu, lembaran emas serta artefak yang terbuat dari gading, giok, dan sutra. Barang-barang itu ditemukan dalam enam 'lubang pengorbanan', kata Administrasi Warisan Budaya Nasional, yang digunakan peradaban Shu untuk mempersembahkan korban dalam doa untuk kemakmuran dan perdamaian.

Reruntuhan Sanxingdui ditemukan secara tidak sengaja oleh seorang petani pada tahun 1929. Dan sekarang situs ini dianggap sebagai salah satu situs arkeologi terpenting di negara tersebut. Hingga saat ini, lebih dari 50.000 relik telah digali di sana.



Simak Video "China Desak AS Kembali dalam Kesepakatan Nuklir 2015"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA