Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 11 Apr 2021 10:45 WIB

TRAVEL NEWS

Selama Ramadhan, Jalur Pendakian Gunung Ciremai Ditutup

Bima Bagaskara
detikTravel
View Gunung Ciremai
Gunung Ciremai (Bima Bagaskara/detikTravel)
Kuningan -

Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (BTNGC) menutup jalur pendakian Gunung Ciremai mulai 13 April hingga 12 Mei 2021 alias selama bulan ramadhan.

Penutupan ini diberlakukan untuk jalur pendakian yang ada di Kabupaten Kuningan maupun di Kabupaten Majalengka. Pengumuman penutupan jalur pendakian Gunung Ciremai itu diumumkan langsung melalui akun instagram @gunung_ciremai pada Minggu (11/4/2021).

"Pendakian gunung Ciremai akan ditutup pada 13 April sampai 12 Mei 2021. Nah bagi Sobat yang terlanjur booking, silahkan konsultasikan dengan admin," tulis akun @gunung_ciremai dilihat detikcom.

Saat dikonfirmasi Humas BTNGC Agus Yudantara membenarkan pengumuman penutupan jalur pendakian Gunung Ciremai tersebut. Menurut Agus penutupan itu dilakukan dalam rangka pemeliharaan jalur dan pemulihan ekosistem secara alami.

"Pemeliharaan seperti jalan yang rusak, rambu-rambu jalur pendakian dan papan petunjuk," kata Agus saat dihubungi via whatsapp.

Agus juga mengatakan penutupan jalur pendakian yang bertepatan dengan bulan suci ramadhan memang seringkali dilakukan. Kata dia itu dikarenakan berkurangnya minat pendaki yang ingin menuju puncak Ciremai selama bulan ramadhan.

"Tergantung kondisi, cuma secara kebetulan biasa di bulan suci ramadhan peminat pendaki juga berkurang, sekalian aja ditutup," lanjutnya.

Ia juga menjelaskan bagi pendaki yang terlanjur melakukan booking online di tanggal 13 April hingga 12 Mei 2021 bisa menghubungi pihak BTNGC untuk menjadwal ulang pendakian.

"Untuk yang sudah booking hubungi admin, nanti dijadwal ulang setelah jalur pendakian dibuka pada tanggal 13 Mei 2021 mendatang," pungkas Agus.



Simak Video "Sepeda Air di Telaga Remis, Kuningan"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA