Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 15 Apr 2021 09:55 WIB

TRAVEL NEWS

Sandiaga Minta Wisata Sumbar Didigitalisasi

Tim detikcom
detikTravel
Menparekraf Sandiaga Uno
Menparekraf Sandiaga Uno (Foto: Kemenparekraf)
Jakarta -

Menparekraf Sandiaga Uno menggelar audiensi dengan para pemimpin Sumatera Barat. Dia berpesan soal pengembangan digitalisasi pariwisata.

Anggota Komisi VI DPR RI, Andre Rosiade, serta wali kota dan bupati se-Sumatera Barat ada dalam acara ini, Selasa (13/4/2021). Sandiaga menyampaikan pengembangan sektor parekraf telah masuk ke dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN).

Sebab, menurutnya, pengembangan digitalisasi dapat secara langsung mengangkat potensi desa wisata. Itu termasuk desa wisata Tugu Gadang dan desa wisata Sawahlunto yang kini telah menjadi warisan dunia pada tahun 2019.

Selain itu, desa wisata yang tersebar di Kota dan Kabupaten Provinsi Sumatera Barat, antara lain Solok, Sawahlunto, Pariaman, Padang Panjang, Agam, Tanah Datar, Pesisir Selatan, dan Sijunjung.

"Sekarang saya bertugas di Kementerian Parekraf, jadi yang terpikir adalah bagaimana menggali potensi, karena di RPJMN ini sudah ditetapkan bahwa Bukit Tinggi, Padang ini sebagai destinasi wisata pengembangan," ujar Sandiaga.

"Jadi kita harus terus memberikan perhatian, kita memang punya sumber daya alam, ekonomi kreatif dan destinasi wisata di sana, tapi bagaimana kita mengembangkan ke depannya," dia menambahkan.

Percepatan pemulihan sektor parekraf lanjutnya, kini difokuskan kepada wisatawan nusantara. Sehingga, lewat protokol kesehatan yang ketat dan disiplin serta vaksinasi COVID-19, pemulihan sektor pariwisata diyakini dapat segera tercapai.

"Saya akan geber (gerak bersama), gercep (gerak cepat) dan gaspol (garap semua potensi). Dari semua itu, concern (perhatian) kita yang utama adalah pengembangan desa wisata.Di mana desa wisata ini bisa jadi satu peluang untuk kita menjadi pemenang, karena pandemi ini secara langsung mengubah peta pariwisata dan ekonomi kreatif," ujar Sandiaga Uno.

"Jadi saya menitipkan kepada pak Andre adalah digitalisasi, karena 11 Kabupaten/ Kota ini akan menjadi pemenang, karena kalau kita melihat loncatan kuantum itu menggunakan digitalisasi," dia menjelaskan.



Simak Video "Siap Gelar World Superbike, Pemerintah: Semua Atlet Harus Sudah Divaksin"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA