Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 22 Apr 2021 16:45 WIB

TRAVEL NEWS

Sandiaga Uno Dukung Pembangunan Cable Car di Danau Maninjau Sumbar

Jeka Kampai
detikTravel
Sandiaga Uno di Sumbar
Sandiaga Uno di Sumbar (Jeka Kampai/detikcom)
Agam -

Sumatera Barat mendapat perhatian Sandiaga Uno. Pemerintah Daerah Kabupaten Agam, Sumatera Barat, berencana membangun Cable Car di Danau Maninjau.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno mendukung rencana tersebut dan meminta agar segera dilakukan perencanaan yang matang dan tidak membebani APBD ataupun APBN.

"Membangun jembatan cable car secara teknis tidak terlalu sulit pelaksanaannya. Namun perencanaan harus dihitung betul, baik bentangan, pondasi, kontur tanah, ini harus dilakukan survei. Bentuk kerja samanya Public Private Partnership. Sehingga tidak memberatkan APBD, APBN. Tapi menggunakan dana investor dari badan usaha," kata Sandi saat meninjau salah satu spot Danau Maninjau di kawasan Lawang Park Adventure, Rabu (21/4/2021) petang.

Menteri Sandi mengatakan, Agam memiliki destinasi unggulan berbasis keindahan alam dan keberlanjutan lingkungan.

"Destinasi di Agam adalah destinasi unggulan berbasis keindahan alam dan keberlanjutan lingkungan. Kami sangat mendukung pariwisata di Kabupaten Agam. Salah satunya rencana membangun cable car dan pengembangan destinasi lainnya," kata dia.

Menurutnya, kunci untuk membangkitkan ekonomi dan pariwisata didasarkan pada semangat dan motivasi. Apalagi selama setahun terakhir ini pariwisata dalam keadaan memprihatinkan.

"Hari ini spotnya sangat indah, meski agak kabut di Danau Maninjau. Agam ini adalah kabupaten dengan potensi terbanyak ada gunung, laut, danau, ada terusan, sungai, air terjun, dan ngarai," kata Sandiaga Uno.

Mantan Wagub DKI Jakarta itu menyebutkan desa wisata di Agam perlu dikembangkan karena merupakan masa depan pariwisata Indonesia. Di desa wisata tersebut memiliki produk unggulan ekonomi kreatif seperti tenun, fashion, songket, dan produk-produk kerajinan tangan lainnya.

"Apalagi di sini ada kuliner khas Danau Maninjau yakni Rinuak yang perlu semakin dikembangkan dengan adaptasi teknologi sehingga dapat membuka peluang lebih banyak lagi," jelas Sandiaga Uno.

Dikatakannya pembangunan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dengan berbagai event menarik harus tetap mengedepankan protokol kesehatan COVID-19 yang ketat dan disiplin.

"Kami berkoordinasi dengan Kadis Pariwisata setempat. Kita mengikuti jadwal yang sudah disiapkan, pastikan protokol kesehatan CHSE, kita optimalkan pendamping, Kharisma Event Nusantara, salah satu unggulannya yakni Tour De Singkarak. Dan ini adalah bagian dari pariwisata berbasis olahraga yang diminati masyarakat," tambah Sandiaga Uno.

Rencana Cable Car sendiri merupakan salah satu usulan pembangunan pariwisata yang diajukan Bupati Agam, Andri Warman kepada Menparekraf Sandiaga Uno sebagai bagian dari pengembangan wisata Danau Maninjau.



Simak Video "Pesan Wishnutama ke Sandiaga: Tantangan ke Depan Luar Biasa!"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA