Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 27 Apr 2021 11:15 WIB

TRAVEL NEWS

Fakta Palung Laut Terdalam di Dunia, Lokasinya Tak Jauh dari Indonesia

Novia Aisyah
detikTravel
Ekspedisi palung
Foto: Discovery/Five Deeps Expedition/CNN
Jakarta -

Palung terdalam di dunia, palung Mariana atau biasa disebut sebagai Mariana Trench terletak di suatu titik antara Guam dan Filipina.

Palung Mariana sendiri mempunyai sebuah titik terdalam yang bernama Challenger Deep.

Dikutip dalam Scientific American, palung berbentuk seperti bulan sabit di dasar samudera pasifik dan membentang sepanjang lebih dari 1500 mil dengan lebar rata-rata sekitar 43 mil dan kedalaman hampir 7 mil (hanya di bawah 36.201 kaki).

Pada kedalaman tersebut, berat semua air di atasnya membuat tekanan di palung sekitar 1000 kali lebih tinggi. Suhunya pun di atas titik beku dan semuanya tenggelam dalam kegelapan.

Dilansir dari National Geographic, salah satu orang yang berhasil menyelami bagian terdalam dari palung Mariana adalah James Cameron, pada 2012 lalu.

Cameron adalah sutradara asal Hollywood sekaligus penjelajah lautan dalam.

Menurut Marine Insight, panjang palung Mariana adalah 2550 kilometer dengan lebar 69 kilometer.

Walaupun sangat dalam, palung Mariana tetap dapat menjadi habitat beberapa hewan seperti udang-udangan berukuran besar, jenis flatfish, krustasea raksasa, hingga sejenis snailfish.

Selain berbagai jenis hewan yang tak biasa, palung Mariana juga berisi berbagai elemen yang merupakan bagian dari inti bumi, seperti belerang cair, karbon dioksida, hingga gunung lumpur yang aktif.

Meskipun letaknya yang dapat dikatakan di wilayah benua Asia, karena Guam masih termasuk di wilayah teritori Amerika Serikat, maka Palung Mariana masih termasuk dalam wilayah yurisdiksi Amerika Serikat.

Pada tahun 2009, Presiden Amerika Serikat saat itu, George W. Bush menetapkan Monumen Nasional Laut Palung Mariana.

Kemudian, bagaimana proses terbentuknya Palung Mariana, yang merupakan palung terdalam di dunia ini?

Menurut laman Live Science, Palung Mariana terbentuk oleh proses yang terjadi di zona subduksi, di mana dua lempeng patahan kerak dalam laut bertabrakan.

Pada zona subduksi tersebut, patahan saling terdorong dan tertarik sehingga tumpang tindih satu sama lain dan tenggelam ke dalam lapisan bumi.

Kemudian, palung terbentuk di lengkungan patahan yang tenggelam tersebut, di tempat di mana kedua patahan tersebut saling bersilangan. Dalam hal ini, patahan Samudera Pasifik membengkok di bawah patahan Filipina.

Patahan atau lempeng Pasifik sendiri juga disebut sebagai lempeng tektonik dan berusia 180 juta tahun. Dibandingkan dengan lempeng pasifik, lempeng Filipina masih jauh lebih muda dan berukuran lebih kecil.

Walau Palung Mariana merupakan palung yang terdalam di dunia, tempat ini bukanlah titik yang paling dekat dengan inti bumi.

Masih menurut Live Science, dibandingkan titik terdalam Palung Mariana, Challenger Deep, bagian dasar Samudera Arktik masih lebih dekat dengan inti bumi.

Fakta menarik lain tentang Palung Mariana adalah, di kedalamannya sekalipun, polutan tetap dapat ditemukan.

Ketika para peneliti mengamati jenis amphipoda yang hidup di Palung Mariana, mereka menemukan jumlah polutan organik dalam jumlah yang sangat besar di jaringan lemak mereka.

Beberapa jenis polutan yang ditemukan adalah polychlorinated biphenyl (PCB) dan polybrominated diphenyl ether (PBDEs), dua jenis bahan kimia yang digunakan sebagai isolator listrik dan penghambat api.

Dua jenis bahan kimia ini dilepaskan ke alam melalui kecelakaan industrial dan kebocoran tempat pembuangan akhir yang terjadi di tahun 1930 hingga 1970, sebelum akhirnya dilarang.

Lebih mencengangkan lagi, amphipoda yang ditemukan sebagai sampel penelitian memiliki tingkat kontaminasi yang sama dengan sampel yang ditemukan di Suruga Bay, salah satu tempat industrial yang paling tercemar di barat laut Pasifik.

Palung terdalam di dunia ini masih menyimpan banyak fakta dan misteri lain yang menarik untuk digali. Tertarik, detikers?



Simak Video "Penampakan Dasar Laut Terdalam Bumi Seperti Apa?"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA