Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 05 Mei 2021 16:42 WIB

TRAVEL NEWS

Lagi, Ada Kasus Bule Menggelandang di Bali

Sui Suadnyana
detikTravel
Bule Italia menggelandang di Bali
Foto: (Dok. Satpol PP Badung)
Badung -

Seorang bule Italia menggelandang di Bali dan diamankan Satpol PP. Katanya dia seorang seniman yang kena imbas pandemi.

Seorang warga negara asing (WNA) asal Italia bernama HR Albani Roberto (75) diamankan oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Badung. Bule pria tersebut diamankan lantaran menggelandang di Pulau Dewata.

"(Bule itu) ditemukan di Legian tepatnya Jalan Benesari Legian. Informasi di seputar katanya hampir setahun tinggal di sana sejak pandemi ini. (Dia tinggal) di emper-emper toko, pokoknya sejak pandemi ini (dia tinggal) di emper rumah, warung sepanjang Jalan Benesari itu," kata Kasatpol PP Kabupaten Badung I Gusti Agung Ketut Suryanegara, Rabu (5/5/2021).

Menurut Suryanegara, dikarenakan sudah selama setahun menggelandang, bule tersebut banyak dibantu diberikan makan oleh warga sekitar. Hanya saja pihaknya baru mendapatkan laporan kemarin.

Keberadaan bule tersebut didapatkan oleh pihak Limnas Desa Legian. Setelah diproses, bule tersebut dikirim ke pihak Imigrasi untuk diproses lebih lanjut. Terlebih bule itu kini tak dilengkapi identitas apapun karena hilang.

Bule Italia menggelandang di BaliBule Italia menggelandang di Bali Foto: (Dok. Satpol PP Badung)

Suryanegara menjelaskan, bule tersebut awalnya mempunyai usaha di wilayah Desa Canggu, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung. Namun Suryanegara tak bisa menjelaskan bisnis apa yang dimiliki bule tersebut. Namun yang pasti, sejak Italia mengalami lockdown akibat pandemi COVID-19, bisnis bule tersebut menjadi terhenti sampai mengalami kebangkrutan.

"Endak tahu lho (bisnis apa). Mungkin gini (kerja sama) dengan luar negeri. Katanya seniman katanya dia," kata dia.

Dirinya mengatakan, bahwa akan terus melakukan penyisiran mengenai bule menggelandang di Bali. Hanya saja pihaknya sedikit mengalami kesulitan bila tak ada laporan dari masyarakat.

"Masalahnya ini kan kalau tidak ada laporan dari masyarakat juga tidak ada informasi dari masyarakat ya sulit. Kita sulit menyatakan apakah dia itu sedang liburan atau memang mengemis. Kalau kemarin itu kan karena ada laporan kita tahu. Karena untuk memastikan dia menggepeng itu kan tidak ketahuan," kata dia.



Simak Video "Bule yang Prank Lukis Masker di Wajah Akhirnya Dideportasi!"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/sym)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA