Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 06 Mei 2021 15:35 WIB

TRAVEL NEWS

Naik Sepeda Listrik, Sandiaga Ngebut Keliling Sirkuit Mandalika

Tim
detikTravel
Sandiaga Uno di Sirkuit Mandalika
Foto: (dok Kemenparekraf)
NTB -

Optimisme atas pemulihan ekonomi nasional disampaikan Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno saat meninjau pembangunan Sirkuit Internasional Mandalika.

Dirinya pun mengaku optimis keberadaan Sirkuit Internasional Mandalika di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Kamis (6/5/2021) dapat menjadi awal kebangkitan ekonomi Indonesia.

Keyakinan tersebut disampaikan Sandiaga Uno usai menjajal satu lap Sirkuit Mandalika.

Sandiaga Uno di Sirkuit MandalikaSandiaga Uno di Sirkuit Mandalika Foto: (dok Kemenparekraf)

Dipaparkannya, pembangunan Sirkuit sepanjang empat kilometer itu sesuai rencana, sehingga diyakininya seluruh proses pembangunan dapat segera rampung pada Juli 2021 mendatang.

"Saya mulai dengan pantun ya," ujar Sandiaga Uno.

'Batu sisir pisang dimakan oleh kera,
Pisang nya diberikan oleh ibu Nia'

'Ekonomi Indonesia akan pulih segera,
Karena Moto GP Mandalika jadi event kelas dunia'

"Tadi saya sudah muter dan memastikan 4 kilometer sudah nyambung dan lapisan (aspal) pertama sudah selesai, rencananya Juli dirampungkan untuk semuanya, tanah semuanya sudah dilengkapi dengan proses ganti untung dan ganti rugi," ungkap Sandiaga Uno di NTB pada Kamis (6/5/2021).

"Dan ini semua prosesnya Alhamdulillah kita rampungkan," tambahnya.

Ia menyebutkan proses pergantian lahan sirkuit internasional Mandalika sudah sesuai ketentuan.

Pihaknya pun sudah membayarkan ganti untung lahan milik warga yang dibebaskan, termasuk lahan enklave yaitu tanah dalam suatu kawasan masih dikuasai orang lain.

"Kami berterima kasih kepada semua pihak termasuk Gubernur NTB dan pemerintah daerah. Kemenparekraf sudah membayarkan kepada warga masyarakat pemilik lahan enklave," papar Sandiaga Uno.

"Dengan dukungan Lembaga Manajemen Aset Negara, kami sudah membayar untuk 29 bidang lahan dengan luas lahan 6,5 hektar," jelasnya.

Berbagai event racing bertaraf internasional dikatakan Sandiaga Uno sudah disiapkan dalam waktu dekat, sembari melihat kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia.

"Harapan kita ini fasilitas pendukung dikelola dengan baik. Ini wujud support kita untuk pemulihan ekonomi KEK Mandalika. Nanti akan ada beberapa kegiatan seri balap Super Bike yang direncanakan November 2021 dan sejumlah pre race event yang sedang kita rancang," tutur Sandiaga Uno.

Sandiaga Uno di Sirkuit MandalikaSandiaga Uno di Sirkuit Mandalika Foto: (dok Kemenparekraf)

Lebih lanjut dijelaskan, lahan penetapan lokasi 2 Sirkuit Mandalika akan menjadi bagian dari jalan kawasan khusus yang akan digunakan untuk sebagai lokasi seri balap.

Namun, setelah seri balap rampung, infrastruktur dasar itu dapat digunakan masyarakat, sekaligus sebagai fasilitas penunjang pelaksanaan Moto GP dan World Super Bike.

"International Street Circuit Mandalika. Kita lihat beberapa fitur terbaik di dunia, seperti gravel terpanjang 187 meter, pemandangan terindah. Ini kontribusi kita untuk pemulihan ekonomi nasional, agar destinasi super prioritas Mandalika ini menjadi destinasi berkelas dunia, berkualitas, dan berkelanjutan," tambah Sandiaga Uno.

Terkait varian virus Corona (Covid-19) baru asal India, Afrika Selatan dan Inggris, Sandiaga Uno mengungkapkan akan menerapkan protokol kesehatan dengan ketat dan disiplin.

"Kami mengacu pada ESG (Enviromental Social Government) karena selain kami dari Kemenparekraf harus mengacu pada Guide Line yang sangat ketat. ESG ini juga mendapatkan dana dari pendana-pendana dari multilateral yang sangat hati-hati yang mengacu pada ESG," jelas Sandiaga Uno.

"Jadi harapan kita, saya mendengar masyarakat sangat mendukung," ujarnya berharap.

Karena lanjutnya, Sirkuit Mandalika akan mengundang jutaan orang untuk datang, kawasan pun diyakininya berpotensi menjadi zona penyebaran covid-19.

Oleh karena itu, guna menekan angka penyebaran Covid-19, selain penerapan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin, pihaknya juga akan melaksanakan vaksinasi terhadap pelaku usaha dan masyarakat di Mandalika.

"Kondisi Covid-19 harus terkendali, salah satunya yakni vaksinasi dan menjaga protokol kesehatan. Vaksin kembali tiba, dan akan kita prioritaskan untuk NTB terkait perhelatan di November, kita genjot pada level mengurangi angka Covid-19," kata Sandiaga Uno.

"NTB ini akan semakin disosialisasikan dan diedukasi untuk ketaatan protokol kesehatan Covid-19," tutupnya diakhiri pantun.

'Kulit terluka karena terkena busur panah,
Agar tak bahaya segera diberi obatnya'.

'Sirkuit Mandalika akan semakin mendunia,
Karena di sini event Moto GP akan terlaksana'.



Simak Video "Dukung Dangdut Masuk UNESCO, Fitri Carlina Bikin Kafe di New York"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA