Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 07 Mei 2021 14:40 WIB

TRAVEL NEWS

Kunjungi NTB, Sandiaga Harap Sembalun Bisa Jadi Destinasi Wisata Unggulan

Sandi Uno, Kebangkitan Sembalun , Ciptakan Lapangan Kerja
Foto: (Kemenparekraf)
Jakarta -

Wisatawan asing yang nanti menonton Moto GP Mandalika bisa diberikan opsi ke berbagai destinasi wisata di NTB. Hal ini diharapkan dapat membangkitkan ekonomi masyarakat lokal.

Hal itu disampaikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, saat meninjau destinasi wisata di Desa Sembalun Lombok Timur, dekat kaki Gunung Rinjani. Selain menonton ajang balap kelas dunia, wisatawan bisa mengunjungi wisata alam seperti Gili hingga Desa Sembalun.

"Bagaimana pariwisata bisa pulih dan bangkit dengan kolaborasi antara berbagai pihak yang kita inisiasi. Kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif kita sudah melihat potensi-potensi nya bisa untuk membuka lapangan kerja seluas-luasnya dan peluang usaha untuk masyarakat disini," ujar Sandiaga Uno

Sandi menuturkan, berdasarkan kunjungan yang dilakukan Kemenparekraf, ada beberapa hotel NTB yang melaporkan peningkatan keterhunian. Ini menjadi signal dari kebangkitan dan kepulihan dari wisatawan nusantara.

"Dengan fokus kepada wisata berbasis alam terbuka dan budaya. Tentunya kita harapkan ini akan berkualitas dan berkelanjutan," tambah Sandiaga Uno.

Kemenparekraf akan meluncurkan dana hibah pariwisata jilid kedua tahun 2021. Sandi menuturkan pihaknya akan memastikan bahwa Lombok Timur masuk dalam anggaran tersebut.

"Karena tahun lalu tidak sempat masuk dalam program ini. Saya harapkan bapak Bupati dan pak Kadis menyiapkan data-datanya dan langsung berkoordinasi dengan Kemenparekraf karena finalisasi nya sudah dalam tahap akhir," tutur Sandi

"Harapan kita agar segera pulih, dan potensi luar biasa seperti di Sembalun ini bisa menjadi destinasi wisata unggulan dan andalan, dan sentra ekonomi kreatif nya ini bisa menjadi pusat ekonomi kreatif yang dapat menggerakkan ekonomi," tambahnya.

Sandi menuturkan, pihaknya sengaja mengundang pimpinan dari TDC (Moto GP) agar bisa mempersiapkan travel pattern bersama. Dalam momen ajang balap kelas dunia tersebut, wisatawan akan melirik destinasi wisata yang ada di Mandalika.

"Karena tiga hari masyarakat dunia yang akan memusatkan perhatiannya di Mandalika, dan sebagian dari mereka mungkin baru pertama kali ke Indonesia karena ingin menikmati Moto GP mereka memiliki opsi untuk mengunjungi beberapa destinasi wisata seperti Gili dan Sembalun ini," ungkap Sandiaga Uno.

"Jadi kita akan siapkan travel pattern, kalau jaraknya menurut saya cukup terjangkau, jalannya sudah terbangun, dan kita sudah siapkan juga. Jadi dari akses sudah ada, dari amenitas nya kita bekerja sama dengan homestay-homestay karena kita ingin pariwisata ini tidak hanya untuk kelas menengah ke atas berbintang tapi juga bisa menetes kepada masyarakat desa," kata Sandiaga Uno.

Program ini merupakan opsi bagi wisatawan asing untuk bisa menikmati pemandangan di desa wisata dan alam terbuka saat hendak menyaksikan perhelatan Moto GP Mandalika secara langsung. Apalagi Lombok memang memiliki potensi wisata yang tinggi.

"Lombok ini sangat prioritas. Dari total tahun lalu, hampir 40% terpusat ke beberapa daerah prioritas dan sisanya tersebar. Menurut saya NTB terutama Lombok ini karena kontribusi berbasis pajak daerah, sektor pariwisata cukup tinggi saya yakin porsi alokasinya cukup tinggi," tandas Sandiaga Uno.



Simak Video "Gelar WSBK, Pemerintah Siapkan Strategi di Mandalika Biar Nggak Macet"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/elk)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA