Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 11 Mei 2021 17:48 WIB

TRAVEL NEWS

Kebun Binatang Bandung Tetap Buka Saat Lebaran, Berlakukan Sistem Buka Tutup

Siti Fatimah
detikTravel
Kebun Binatang Bandung (Bandung Zoological Garden) memutuskan akan tetap dibuka saat perayaan Hari Raya Idul Fitri. Marcom Bandung Zoo Sulhan Syafii mengatakan, pihaknya sudah bersiap diri untuk menerima wisatawan dengan protokol kesehatan yang ketat.
Foto: Kebun Binatang Bandung (Siti Fatimah/detikcom)
Bandung -

Kebun Binatang Bandung (Bandung Zoological Garden) memutuskan akan tetap dibuka saat perayaan Hari Raya Idul Fitri. Marcom Bandung Zoo Sulhan Syafi'i mengatakan, pihaknya sudah bersiap diri untuk menerima wisatawan dengan protokol kesehatan yang ketat.

"Kita insyaallah buka. Yang bisa menutup itu pemerintah kalo kita masuk zona oranye. Instruksinya wilayah tertentu di tutup seperti di Kabupaten Bandung Barat dan Tasikmalaya ditutup," kata Sulhan saat dihubungi detikcom, Selasa (11/5/2021).

Kebun Binatang Bandung (Bandung Zoological Garden) memutuskan akan tetap dibuka saat perayaan Hari Raya Idul Fitri. Marcom Bandung Zoo Sulhan Syafi'i mengatakan, pihaknya sudah bersiap diri untuk menerima wisatawan dengan protokol kesehatan yang ketat. Foto: (Siti Fatimah/detikcom)

Lebih lanjut, pihak manajemen pun sudah menyiapkan kunjungan wisatawan di momen lebaran seperti penambahan karyawan, perbaikan fasilitas kandang dan pengunjung termasuk restoran dan tenaga kebersihan.

Berdasarkan regulasi Pemerintah Kota Bandung, tempat wisata diperbolehkan untuk buka saat lebaran dengan kapasitas 50 persen dari total kapasitas sebelum pandemi COVID-19. Di Bunbin Bandung kapasitas total pengunjung bisa mencapai 12 ribu orang sehingga batas maksimal saat ini hanya di angka 6 ribu pengunjung.

"Sebenarnya kita membatasi 50 persen di jam yang sama. Berlaku buka tutup hanya 6 ribu. Jadi makanya kita ga bikin target muluk-muluk karena bagaimanapun kondisi ditutup ini bisa terjadi di Kota Bandung. Meski pun kita tidak berharap seperti itu," ujar Sulhan menambahkan.

Untuk mengatur agar tidak terjadi membludaknya kunjungan wisatawan, kata Sulhan, sistem buka tutup pun berlaku. Dia menjelaskan, nantinya dalam tiket yang dimiliki wisatawan akan sekaligus mengontrol jumlah masuk ke area Bunbin.

"Masih berlaku (sistem buka tutup). Apalagi sekarang sehari diawasi oleh Satpol PP 18 orang dan mereka keliling. Kita kan punya tiket online dan dikontrol di pintu keluarnya. Kan tiket di sensor, nomor digit sekian masuk real time sampai 6 ribu. Kalau belum ada yang keluar, nanti nggak diizinkan masuk yang baru," jelas Sulhan.

Kebun Binatang Bandung (Bandung Zoological Garden) memutuskan akan tetap dibuka saat perayaan Hari Raya Idul Fitri. Marcom Bandung Zoo Sulhan Syafi'i mengatakan, pihaknya sudah bersiap diri untuk menerima wisatawan dengan protokol kesehatan yang ketat. Foto: (Siti Fatimah/detikcom)

Saat ditanya perihal pengecekan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Sulhan berujar belum akan memberlakukan hal tersebut. Hematnya, kata dia, mereka yang sudah masuk kawasan wisata sudah melewati pengecekan oleh tim Satgas penyekatan jalan.

Beberapa wahana yang tersedia di Kebun Binatang yaitu, atraksi hewan satwa setiap hari, memberi pakan burung, memberi pakan jerapah dan binturong, hingga melihat kandang terbuka singa. Tiket masuk dijual sebesar Rp 50 ribu.



Simak Video "Perjuangan Bandung Zoo Dihantam Pandemi, Terpaksa Pangkas Gaji Karyawan"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/elk)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA