Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 24 Mei 2021 18:50 WIB

TRAVEL NEWS

Pandemi COVID-19, Perayaan Waisak di Candi Borobudur Ditiadakan

Eko Susanto
detikTravel
Candi Borobudur
Ilustrasi peniadaan Waisak di Candi Borobudur (Eko Susanto/detikTravel)
Magelang -

Perayaan Waisak di Candi Borobudur tahun ini ditiadakan akibat COVID-19. Gantinya, perayaan dilangsungkan terbatas di masing-masing vihara dan virtual.

Penyelenggara Bimas Buddha Kabupaten Magelang, Kemenag Kabupaten Magelang, Saring mengatakan, di Candi Borobudur tidak ada kegiatan Dharma Santi Waisak. Tahun ini kali kedua perayaan Waisak di Candi Borobudur ditiadakan karena masih pandemi COVID-19.

"Sampai saat ini belum ada yang mengadakan kegiatan Dharma Santi Waisak di Candi Borobudur tidak ada. Kali kedua ditiadakan Waisak di Candi Borobudur karena pandemi," kata Saring saat ditemui detikTravel di Kantor Kemenag Kabupaten Magelang, Senin (24/5/2021).

Adapun Hari Raya Tri Suci Waisak 2565 BE tahun 2021, kata Saring, temanya 'Bangkit Bersatu untuk Indonesia Maju'. Untuk detik-detik Waisak pada Rabu (26/5), jatuh pada pukul 18.:30 WIB.

"Kalau di Vihara masih diperbolehkan mengadakan detik-detik Waisak, cuma umatnya dibatasi hanya 30 persen. Malah disarankan itu hanya diikuti para Bhikkhu, Pandita karena di tengah-tengah pandemi seperti ini," ujarnya.

Candi BorobudurPenyelenggara Bimas Buddha Kabupaten Magelang, Kemenag Kabupaten Magelang, Saring (Eko Susanto/detikcom)

"Hal ini bukan mengurangi makna dari pada perayaan Waisak atau detik-detik Waisak, tapi karena situasi yang seperti ini. Jadi sudah dua tahun tidak melaksanakan kegiatan, bahkan ada beberapa majelis yang mengadakan kegiatan melalui zoom meeting atau virtual," sambung Saring.

Dari sisi pengelola Candi Borobudur, objek wisata populer di Magelang itu memang telah buka kembali sejak ditutup sementara saat libur Lebaran yang lalu.

Terpisah, Wakil Sementara General Manager Taman Wisata Candi Borobudur, Jamaludin Mawardi mengatakan, telah menerima informasi dari Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang dan Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Magelang tentang pembukaan kembali destinasi wisata di Kabupaten Magelang, termasuk Candi Borobudur. Sebagaimana dalam SE Bupati Magelang No:443.5/1729/01.01/2021.

"Karena tidak ada surat edaran pembaharuan edaran otomatis setelah itu, tanggal 18 Mei 2021 bisa dibuka kembali. Kami menerima informasi dari Pak Nanda (Jubir Satgas Penanganan Covid-19), hal yang sama disampaikan Pak Husain (Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga). Destinasi wisata dibuka kembali dengan catatan kapasitas 30 persen, kemudian jam operasional sampai pukul 15.00 WIB dan ketiga mengenai penerapan protokol kesehatan yang sangat ketat," ujar Jamal.



Simak Video "Taman Wisata Candi Borobudur Bersiap Dibuka untuk Wisatawan"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA