Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 31 Mei 2021 15:01 WIB

TRAVEL NEWS

Hari Lahir Pancasila Sebagai Hari Libur Nasional, Ini Sejarah dan Maknanya

Fahri Zulfikar
detikTravel
Hari lahir pancasila, 1 Juni
Peringatan Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada 1 Juni Foto: Nadia Permatasari W
Jakarta -

Hari Lahir Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Juni juga merupakan hari libur Nasional. Istilah Pancasila mulai diperkenalkan dalam sidang Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) atau Dokuritsu Junbi Cosakai pada tahun 1945.


Sebelum ditetapkan sebagai dasar negara dan ditetapkan dalam Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, Pancasila memiliki sejarah yang panjang.

Sejarah Hari Lahir Pancasila

Dikutip dari situs resmi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila, Hari Lahir Pancasila pertama kali bermula dari rapat BPUPKI. Sidang pertama BPUPKI berlangsung mulai 29 Mei hingga 1 Juni 1945.

Pada 29 Mei 1945, Muhammad Yamin menyampaikan lima usulan sebagai dasar negara yaitu, Peri Kebangsaan, Peri Kemanusiaan, Peri Ketuhanan, Peri Kerakyatan, dan Kesejahteraan Rakyat.

Sementara Hari Lahir Pancasila diinisiasi oleh Sukarno yakni pada 1 Juni 1945. Soekarno menyampaikan lima gagasan dasar negara yang disebutnya sebagai 'Pancasila' dan mendapatkan persetujuan dalam sidang BPUPKI.

Tak berhenti di situ, Sukarno juga melanjutkan usulan untuk menyempurnakan rumusan yang disampaikan kepada BPUPKI dengan membentuk sebuah panitia perumus dasar negara dan UUD yang dikenal sebagai panitia sembilan.

Panitia sembilan memiliki anggota, Ir. Sukarno, Mohammad Hatta, Abikoesno Tjokrosoejoso, Agus Salim, Wahid Hasjim, Mohammad Yamin, Abdul Kahar Muzakir, Mr. AA Maramis, dan Achmad Soebardjo.

Hingga pada tahun 2016, secara resmi, tanggal 1 Juni ditetapkan sebagai hari libur nasional oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada peringatan Pidato Bung Karno 1 Juni 1945, di Gedung Merdeka, Bandung.


Hari Lahir Pancasila juga diatur dalam Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016 Presiden Jokowi.


Makna Hari Lahir Pancasila

Hari Lahir Pancasila menjadi momentum untuk bangsa Indonesia menilik kembali dan menghayati nilai-nilai yang menjadi pedoman hidup dalam berbangsa.

Mulai dari kehidupan sosial, politik, ekonomi, maupun budaya wajib menjadi perenungan bersama apakah sudah sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila atau belum.

Momen Hari Lahir Pancasila tak hanya jadi perenungan tapi menjadi sebuah cermin diri bagi bangsa Indonesia untuk kembali meneruskan cita-cita penggagas Pancasila yang mulia. Tak hanya untuk dihafalkan, namun lebih penting ialah mengamalkan nilai-nilainya.

Ucapan Hari Lahir Pancasila

1. Sebanyak apapun Pancasila diucapkan, yang terbaik ialah nilai-nilai yang diterapkan dalam kehidupan. Selamat Hari Lahir Pancasila!

2. Hari Lahir Pancasila bukan hanya kata-kata semata, tapi tanggung jawab untuk meneruskan cita-cita bangsa.

3. Selamat Hari Lahir Pancasila! Sudah saatnya kita bangkit dan kembali kepada nilai-nilai Pancasila yang mulia.

4. Seberapapun hebat sebuah negara, tak akan jadi apa-apa jika melupakan dasar-dasar kehidupan berbangsa. Selamat Hari Lahir Pancasila!

5. Bangsa yang hebat ialah bangsa yang tidak banyak berucap namun sanggup menghargai sejarah dan mengamalkan nilai-nilai luhur. Selamat Hari Lahir Pancasila!

Di hari lahirnya pancasila, kamu juga bisa mengunjungi beberapa museum bersejarah. Salah satunya adalah Monumen Pancasila Sakti hingga Museum Nasional Indonesia.



Simak Video "Besok Hari Lahir Pancasila, Warga Diimbau Tak Gelar Upacara Fisik"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA