Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 01 Jun 2021 14:15 WIB

TRAVEL NEWS

Peringati Hari Lahirnya Pancasila, KAI Daop 5 Dendangkan Musik Tradisional

Arbi Anugrah
detikTravel
Peringati Hari Lahirnya Pancasila, KAI Daop 5 Purwokerto Hibur Penumpang Dengan Musik Tradisional
Foto: Arbi Anugrah/detikcom
Jakarta -

PT KAI Daop 5 Purwokerto menghibur penumpang Kereta Api (KA) di Stasiun Purwokerto dengan alunan musik tradisional Banyumas, kentongan dan membagikan souvenir. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka memperingati hari lahir Pancasila yang jatuh pada hari ini.

"Di samping bagi-bagi souvenir kami juga unjuk perform alunan musik tradisional kentongan dari Grup Tek-tek Kepo Limo yang mempersembahkan lagu-lagu nasional. Hal ini dimaksudkan untuk semakin menumbuhkan rasa cinta tanah air sekaligus membangkitkan jiwa nasionalisme disamping untuk menghibur para pelanggan pada saat menunggu kedatangan kereta," kata Vice President Daop 5 Purwokerto Joko Widagdo kepada wartawan, Selasa (1/6/2021).

Dia mengatakan sebagai bentuk apresiasi sekaligus Loyalty Program KAI, pihaknya juga membagikan souvenir kepada pelanggan Kereta Api di Stasiun Purwokerto.

"Penumpang pelanggan kita, kita harus beri apresiasi, harapan kita jadi pelanggan yang setia. Dan PT KAI Daop Purwokerto akan komitmen mengangkut penumpang sampai tujuan dengan protokol kesehatan yang ketat, sehingga semuanya aman," ucapnya.

Dia menjelaskan jika pada peringatan hari lahir Pancasila kali ini dirayakan dengan penuh suka cita di tengah pandemi virus Corona atau COVID-19. Salah satunya upacara peringatan hari lahir Pancasila yang dilakukan secara virtual dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan.

"Dalam memperingati hari kelahiran Pancasila kita mengadakan beberapa kegiatan yang bersifat nasionalisme, salah satunya kita sudah melaksanakan upacara secara virtual. Semua pegawai PT Kereta Api yang non operasional kita melaksanakan upacara melalui media televisi dan mengibarkan bendera di kantor Daop 5 Purwokerto," ucapnya.

Meskipun demikian, dengan tema "Pancasila dalam Tindakan, Bersatu untuk Indonesia Tangguh" diharapkan momentum peringatan hari lahir Pancasila tidak hanya sebatas kewajiban upacara, seremonial hormat bendera. Namun sebagai insan Kereta Api khususnya dapat mengimplementasikan makna Pancasila dengan senantiasa mewujudkan kepuasan pelanggan.

"Pelanggan adalah prioritas kami, karena itu tidak henti-hentinya kami terus berinovasi salah satunya dengan meng-upgrade terus-menerus fitur-fitur dalam aplikasi KAI Access," ujarnya.

Pasalnya sejak merebaknya COVID-19 di tanah air yang berdampak dengan ditiadakannya layanan pemesanan tiket di stasiun. PT KAI gencar mengkampanyekan KAI Access ini kepada masyarakat untuk semakin mempermudah pelanggan dalam melakukan pemesanan tiket.

"Ditiadakannya layanan pemesanan tiket di stasiun adalah sebagai salah satu upaya KAI untuk memutus mata rantai penyebaran dan penularan COVID-19 dengan mencegah terjadinya kerumunan," jelasnya.

Pihaknya juga senantiasa berkomitmen wujudkan sarana transportasi yang sehat, selamat, aman dan nyaman bagi pelanggan, baik dari awal stasiun keberangkatan sampai dengan tujuan.

Rita salah satu penumpang KA tujuan Yogyakarta mengatakan jika dirinya sangat terhibur dengan kegiatan yang dilakukan oleh pegawai PT KAI. Apalagi saat memperingati hari lahirnya Pancasila.

"Sangat terhibur. Awalnya kaget, ada apa ramai di stasiun. Ternyata ada (musik tradisional) kentongan, sangat menarik untuk menghibur penumpang memperingati hari lahirnya Pancasila," tuturnya.



Simak Video "Jokowi Was-was Ekspansi Ideologi Transnasional Radikal di Era 5G"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/sym)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA