Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 13 Jun 2021 05:02 WIB

TRAVEL NEWS

Asyik Main di Pantai, Eh Nemu Boneka Antik dari Abad ke-19

Syanti Mustika
detikTravel
ilustrasi pantai
Ilustrasi pantai (thinkstock)
Jakarta -

Seorang turis di Skotlandia tak sengaja menemukan boneka antik saat bermain di pantai. Faktanya, boneka ini berasal dari abad ke 19, lho.

Diberitakan Fox News, Minggu (12/6/2021), Nikki Halkerston (45) dari Dundee, Skotlandia sedang menikmati Broughty Ferry Beach pada hari Kamis lalu. Sama seperti turis pada umumnya, dia bermain pasir, mencari kerang dan bebatuan pantai, juga menikmati view biar rileks.

Tapi, tak sengaja dia menemukan sebuah benda aneh. Bentuknya seperti boneka. Ukurannya tidak besar, dari porselen dengan warna putih.

Setelah diamati, Nikki tidak asing dengan boneka itu. Dia ingat betul boneka tersebut ada di dalam folklor Amerika Serikat (AS).

"Saya hanya mencari jenis cangkang tertentu dan itu menarik perhatian saya dan saya hanya berpikir 'oh wow'!. Tidak ada tanda di atasnya, bahkan tidak kotor atau terkelupas dan mungkin sudah ada di laut selama bertahun-tahun," kata Nikki kepada media.

"Saya benar-benar terkejut. Kemudian, saya katakan kepada suami, yang saat itu bersama saya, kalau saya menemukan Frozen Charlotte," dia mengisahkan.

Menurut ceritanya, boneka ini disebut Frozen Charlotte didasarkan pada cerita rakyat Amerika abad ke-19 tentang seorang wanita yang tidak mematuhi saran ibunya untuk berpakaian hangat saat menuju pesta Malam Tahun Baru. Padahal, saat itu sedang turun salju.

Perempuan itu pun celaka. Dia mati membeku dalam perjalanan 20 mil.

Menurut The Washington Post, boneka-boneka itu awalnya seharusnya hanya mainan mandi yang diimpor dari Jerman. Tetapi, karena boneka-boneka tersebut menyerupai mayat putih kecil, orang Amerika menyebutnya Frozen Charlottes berdasarkan cerita rakyat. SWNS melaporkan bahwa boneka itu dibuat antara tahun 1850 dan 1920.

Halkerston mengatakan meskipun dia tahu boneka itu disebut Frozen Charlottes, dia tidak menyadari betapa istimewanya penemuannya. Barulah setelah dia mengunggah foto boneka itu di media sosial, kolom komentar dibanjiri ungkapan rasa takjub. Bisa-bisanya boneka antik itu masih dalam keadaan utuh.

"Saya mendapat sekitar 450 orang yang mengatakan 'wow itu luar biasa' dan sangat jarang menemukan boneka antik itu dalam keadaan utuh seperti itu. Biasanya mereka patah dan Anda menemukan kepala atau lengan," kata Halkerston kepada SWNS.

Menurut SWNS, orang lain mengatakan bahwa Frozen Charlotte adalah penemuan 'bucket list' alias masuk daftar yang diinginkan banyak orang. Bahkan, ada yang bersedia menukar koleksi kaca laut dengan boneka itu.

Boneka Frozen Charlotte dijual dengan harga antara sekitar USD 21 atau sekitar Rp 300 ribu hingga USD 141 atau setara dengan Rp 2 juta.

Meskipun Halkerston berpikir bahwa temuannya bisa berada di harga yang lebih tinggi lagi karena dalam kondisi yang sangat baik, namun dia tidak akan menjualnya. Putrinya, Melissa, menyukai boneka itu

Kalau traveler, pernah menemukan apa saat main-main di pantai?



Simak Video "Membuat Tato Lukis, Langsung Di Atas Pasir Pantai Kuta Bali"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA