Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 21 Jun 2021 17:02 WIB

TRAVEL NEWS

5 Sisi Lain Wisata Kawin Kontrak di Kampung Arab Cianjur

Sejumlah pertokoan khas Arab nampak sepi, Rabu, (15/6/2021). Kawasan Cipanas-Cianjur yang lekat dengan kawin kontrak dan turis Timur Tengah kini terlihat sepi.
Salah satu sudut pertokoan Kampung Arab di Cipanas, Cianjur (Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom)
Cianjur -

Mari kita membahas sisi lain dari wisata kawin kontrak di Kampung Arab, Cipanas, Cianjur. Kenapa disebut demikian, karena para turis Arab ini datang menggunakan visa wisata.

Perlu diketahui bahwa fenomena kawin kontrak di sekitar Puncak Pass memang benar adanya. Di momen lebaran haji, para turis dari Timur Tengah ini datang ke Indonesia.

Berikut lima sisi lain wisata kawin kontrak di Cianjur:

1. Suasana terkini Kampung Arab Cianjur

Fenomena kawin kontrak di Cipanas, Cianjur bukan isapan jempol. Kampung itu kini sepi turis Arab, sebagai pelaku kawin kontrak, terimbas pandemi virus Corona.

Pantauan tim detikcom di sekitar Cipanas, Cianjur beberapa waktu lalu, destinasi dataran tinggi ini memang kental di dengan nuansa Arab. Di beberapa lokasi, di dekat kompleks vila, begitu banyak pertokoan, restoran, hingga layanan jasa yang papan namanya ditulis dengan huruf Arab.

Kami pun mendatangi vila di Cipanas, Cianjur yang sering dijadikan tempat tinggal oleh orang-orang Arab ini. Lokasinya berada di komplek vila Kota Bunga.

Ada satu dua turis Arab atau Timur Tengah yang sedang berjalan-jalan. Ada pula anak-anak dengan wajah khas Arab yang bermain di kompleks itu.

Pandemi Corona juga menghajar Kampung Arab di Cipanas, Ciajur. Tak ada lagi wisatawan Timur Tengah yang datang ke sana karena pembatasan perjalanan di negaranya.

Kalau pun masih ada turis Arab adalah yang punya surat izin tinggal jangka panjang. Ada lagi orang Arab yang masih tinggal di Cipanas, Cianjur adalah yang punya usaha di sana.

Satu lagi, beberapa turis Arab yang datang ke Cipanas berasal dari Jakarta. Mereka datang ke sana hanya beberapa hari untuk berlibur.

2. Wisata kuliner khas Arab berguguran

Kumpulan toko, kafe, hingga restoran khas Arab begitu lekat dengan kawasan Cipanas, Cianjur. Kini, semua itu sekarat karena pelanggannya, turis Arab yang jadi pelaku kawin kontrak tak juga datang.

Pandemi Covid-19 membuat banyak negara menutup perbatasan dan memperketat syarat penerbangan ke luar negeri. Ini juga mempengaruhi turis Arab yang berasal dari Timur Tengah dan masuk ke Indonesia.

Nah, salah satu destinasi favorit turis Arab itu ke Cipanas yang memiliki hawa sejuk. Selama tinggal di Indonesia, mereka makan di rumah atau pun kalau makan di luar, mereka mencari santapan yang sudah akrab dengan lidah mereka. Bahkan, bagi turis Arab yang melakukan kawin kontrak dengan perempuan-perempuan warga lokal Cipanas.

Ya, menurut pengakuan dua perempuan pelaku kawin kontrak, suami mereka yang berasal dari Arab, kerap makan di luar, ke restoran yang bercita rasa Arab.

Pandemi Corona membuat destinasi wisata kuliner restoran Arab juga toko-toko lain berbau Arab gulung tikar. Salah satu yang begitu terkena dampak adalah Restoran Magadir, Cipanas, Cianjur.

3. Pelaku kawin kontrak bagi-bagi kambing saat Idul Adha

Turis Arab pelaku kawin kontrak di Cipanas, Cianjur tak hanya merogoh kantong untuk uang mahar dan talak. Mereka juga sering memberi kambing bagi masjid kampung di sana saat momen lebaran haji atau Idul Adha.

Pemberian kambing biasanya saat momen lebaran haji. Jadi, mereka yang membagi-bagikan kambing akan disalurkan ke masjid kampung di mana si sopir pribadi itu tinggal.

"Ada turis Arab yang baik. Mereka sering ngasih kambing satu-satu ke masjid-masjid di kampung," terang Agus, salah satu calo kawin kontrak, kepada tim detikcom beberapa waktu lalu. Driver ini juga menjadi penghubung bagi pelaku calo kawin kontrak dan calon pengantin.

"Kampungnya di mana, ini saya belikan kambing," ujar dia menirukan turis Arab itu.

Kini, kehidupan sopir pelaku kawin kontrak sedang terpuruk. Penghasilan mereka dari turis Arab itu terhenti dan kembali menjadi sopir angkot.

Selanjutnya

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Menteri PPPA Akan Keluarkan Peraturan Larangan Kawin Kontrak"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA