Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 04 Jul 2021 07:12 WIB

TRAVEL NEWS

Lukisan Picasso Ditemukan Setelah Nyaris 10 Tahun Hilang

Petugas kepolisian merilis lukisan karya maestro asal Spanyol, Pablo Picasso, di Athena, Yunani, Selasa (29/6/2021).
Foto: Lukisan Picasso dan Mondrian (AP/Petros Giannakouris)
Athena -

Kepolisian Yunani akhirnya menemukan lukisan Pablo Picasso yang nyaris 10 tahun lamanya hilang. Lukisan Picasso itu hilang dicuri dari sebuah museum di Yunani.

Selain lukisan Pablo Picasso, kepolisian Yunani juga menemukan lukisan karya Piet Mondrian yang dicuri dari museum yang sama. Penemuan kedua lukisan tersebut terjadi pada Senin (28/6).

Dilansir detikTravel dari CNN, Minggu (4/7/2021), kedua lukisan tersebut dicuri dari Galeri Seni Nasional Yunani di kota Athena pada 2012 silam. Nyaris 1 dekade kedua lukisan tersebut hilang.

Pencurian dua lukisan itu terjadi pada pagi hari. Saat itu, para pencuri bisa masuk ke dalam galeri nasional dengan cara menyusup ke dalam sistem alarm, menonaktifkannya sampai beberapa kali secara berulang, sampai akhirnya petugas menonaktifkannya untuk sementara.

Saat itulah, para pencuri masuk dan mencuri lukisan tersebut dengan cara membobol pintu aluminium di bagian balkon galeri. Sejak saat itu, kedua lukisan tersebut raib tak ada rimbanya.

Menurut sumber di kepolisian Yunani, lukisan Picasso dan Mondrian tersebut ditemukan tersembunyi di sebuah jurang di sekitar kota Athena. Seseorang yang diduga memiliki hubungan dengan pencurian itu pun sudah ditetapkan sebagai tersangka.

Lukisan Pablo Picasso yang dicuri namun bisa ditemukan kembali itu berjudul 'Head of a Woman'. Lukisan tersebut merupakan hadiah untuk Yunani setelah Perang Dunia Kedua terjadi.

"Untuk orang-orang Yunani, sebuah persembahan dari Picasso," pesan Picasso.

2 Lukisan karya Picasso dan Mondrian ditemukan di Yunani2 Lukisan karya Picasso dan Mondrian ditemukan di Yunani Foto: CNN

Sementara itu, lukisan Piet Mondrian yang berhasil ditemukan berjudul 'Landscape with a Mill' yang menggambarkan pemandangan pedesaan khas Belanda lengkap dengan kincir anginnya. Mondrian selama ini dikenal sebagai pelukis dengan gaya abstraknya yang khas.

Sebenarnya, ada tiga lukisan yang diambil pencuri di kejadian pagi hari tahun 2012. Selain lukisan Picasso dan Mondrian, ada sketsa pena di atas kertas karya pelukis Reinassance Guglielmo Caccia yang turut diambil. Namun sampai sekarang karya Caccia itu belum berhasil ditemukan.



Simak Video "Ada Robot Jadi Pemandu Wisata di Gua Alistrati Yunani"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA